Comscore Tracker

Millennials, Ikutan Jadi Pengawas TPS di Pilkada Kota Semarang Yuk!

Pendaftarannya cek di situs Bawaslu Semarang ya

Semarang, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan siap merekrut 3.447 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), untuk mendukung proses Pilkada 2020 Kota Semarang.

Para pengawas tersebut akan bertugas di 16 kecamatan, 177 kelurahan, dan 3.447 TPS. Pengumuman hasil seleksi pengawas TPS akan dilakukan pada 28 Oktober 2020.

Baca Juga: Bawaslu: 34 Daerah Langgar Protokol Kesehatan saat Kampanye

1. Bawaslu merekrut 3.447 pengawas TPS

Millennials, Ikutan Jadi Pengawas TPS di Pilkada Kota Semarang Yuk!Ilustrasi. IDN Times/Melani Indra Hapsari

Ketua Bawaslu Kota Semarang Muhammad Amin mengatakan, para pengawas TPS tersebut akan bertugas di 16 kecamatan, 177 kelurahan, dan 3.447 TPS. 

"Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 0329 Tahun 2020, proses pengumuman perekrutan akan berlangsung mulai 30 September sampai 2 Oktober 2020," ungkap dia melalui keterangan tertulis, Kamis (1/10/2020).

Selanjutnya, pendaftaran, penerimaan, dan penelitian berkas lamaran digelar pada 3-15 Oktober 2020 di Kantor Sekretariat Panwaslu kecamatan masing-masing. 

2. Pengumuman hasil seleksi pengawas TPS dilakukan pada 28 Oktober 2020

Millennials, Ikutan Jadi Pengawas TPS di Pilkada Kota Semarang Yuk!Dok. IDN TIMES/EstiTraveler

Kemudian, pengumuman hasil seleksi calon pengawas TPS akan dilakukan pada 28 Oktober 2020, dan dilanjutkan dengan meminta masukan dari masyarakat. Sedangkan, pengumuman mereka terpilih sebagai pengawas TPS akan dilaksanakan pada 11 November 2020. Adapun pelantikan serta pembekalan digelar pada 16 November 2020.

"Mereka nanti satu orang akan bertugas di satu TPS selama satu bulan selama akhir kampanye, sampai pemungutan suara. Adapun, proses pendaftaran sampai pelantikan dilakukan oleh Panwaslu kecamatan se-Kota Semarang, sesuai aturan yang ada dan menaati protokol kesehatan COVID-19," kata Amin. 

3. Bawaslu melibatkan generasi millennials dalam pengawasan Pilkada 2020

Millennials, Ikutan Jadi Pengawas TPS di Pilkada Kota Semarang Yuk!Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Pengawas TPS akan menjalani rapid test sebagai salah satu persyaratan yang wajib dilakukan. Mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran pengawas TPS dapat dilihat di papan pengumuman di tiap kecamatan, kelurahan, dan juga pada laman resmi Bawaslu Kota Semarang semarangkota.bawaslu.go.id/pengumuman-pendaftaran-pengawas-tps.

"Kami berharap peran partisipasi masyarakat dan mendorong anak-anak muda usia minimal 25 tahun, dapat bergabung menjadi pengawas TPS menuju Pilkada Kota Semarang 2020 yang luber, jurdil, dan berintegritas," tandas Amin. 

Baca Juga: Tahapan Pilkada 2020 Dimulai, Bawaslu Aktifkan Lagi Panwas Daerah

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya