Comscore Tracker

Disebut Rekomendasikan Tas Bansos, Gibran Punya Saham di PT Sritex? 

Sritex bantah Gibran rekomendasikan pembuatan tas bansos

Sukoharjo, IDN Times - Putra sulung Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka turut disebut-sebut dalam kasus korupsi bantuan sosial (bansos) yang dilakukan Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Gibran disebut memberikan rekomendasi pembuatan goodie bag atau tas paket bansos ke PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex). Apakah Gibran punya saham di perusahaan garmen ini?

Baca Juga: Tudingan Skandal Bansos, Gibran Tak Akan Minta Bantuan Jokowi 

1. Gibran punya saham di Sritex?

Disebut Rekomendasikan Tas Bansos, Gibran Punya Saham di PT Sritex? Suasana pabrik tekstil dan garmen PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex di Sukoharjo Jawa Tengah. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Head of Corporate Communication PT Sritex Joy Citradewi mengatakan pada 2013, PT Sritex menjadi perusahaan publik dan melantai di bursa saham dengan kode SRIL. Namun, Joy enggan menanggapi dengan gamblang, apakah putra Presiden Jokowi punya saham di Sritex atau tidak. 

”Karena kita sudah go public, siapa pun (termasuk Gibran) berhak untuk menanam saham di Sritex,” ucapnya, saat dihubungi IDN Times melalui Whatsapp, Solo, Senin (21/12/2020).

Perlu diketahui, PT Sritex yang berdiri sejak 1972 merupakan perusahaan tekstil dan garmen terbesar se-Asia Tenggara. Sejak 1994, perusahaan yang didirikan Muhammad Lukminto itu telah dipercaya untuk memproduksi kebutuhan seragam militer di Indonesia dan 35 negara di dunia. 

2. Sritex membantah Gibran rekomendasikan pembuatan tas bansos

Disebut Rekomendasikan Tas Bansos, Gibran Punya Saham di PT Sritex? Suasana pabrik tekstil dan garmen PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex di Sukoharjo Jawa Tengah. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah itu, juga membantah tudingan mendapat rekomendasi dari Gibran.

‘’Itu tidak benar,’’ kata Joy.

Joy menuturkan, pemesanan goodie bag bansos itu langsung dilakukan Kementerian Sosial (Sosial) dengan menghubungi pihak pemasaran Sritex.

‘’Pihak Kemensos menghubungi marketing Sritex untuk pemesanan ini pada April 2020. Mereka memesan goodie bag dalam jumlah besar dan butuh cepat alias urgent,’’ tuturnya.

3. Sritex melibatkan mitra kerja untuk memenuhi pesanan tas bansos

Disebut Rekomendasikan Tas Bansos, Gibran Punya Saham di PT Sritex? Suasana pabrik tekstil dan garmen PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex di Sukoharjo Jawa Tengah. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Untuk memenuhi kebutuhan pemesanan tas bansos dari Kemensos itu, Sritex tidak dapat mengerjakan sendiri. Perusahaan tekstil terbesar se-Asia Tenggara itu melibatkan mitra kerja dari luar.

‘’Dalam menangani pesanan goodie bag itu kami tidak memproduksi sendiri. Kami juga berbagi kepada beberapa perusahaan lain menengah dan kecil (UMKM),’’ ungkap Joy.

4. Nilai kontrak, harga, dan jumlah pesanan tas bansos bersifat rahasia

Disebut Rekomendasikan Tas Bansos, Gibran Punya Saham di PT Sritex? Suasana pabrik tekstil dan garmen PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex di Sukoharjo Jawa Tengah. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Terkait nilai kontrak, harga, dan jumlah tas yang dipesan Kemensos, Joy menjelaskan, pihaknya tidak bisa menjabarkan rinci jumlah pesanan maupun kontrak yang diterima Sritex dari pemerintah. 

‘’Untuk qty (kuantitas) dan nilai kontrak ada confidentiality clause (rahasia) ya,’’ imbuhnya.

Dalam menyelesaikan kebutuhan pesanan tas bansos Kemensos, khusus di Sritex melibatkan 10 ribu tenaga kerja. Sedangkan, dari luar Sritex juga bekerja sama dengan 20 mitra kerja di wilayah Solo Raya.

‘’Proses produksi ini sudah selesai pada November 2020 lalu,’’ tandas Joy.

Seperti diketahui, KPK menjerat Juliari Batubara sebagai tersangka dalam kasus korupsi bansos virus corona. Dia dijerat bersama empat orang lainnya, yaitu Matheus Joko Santoso, Adi Wahyono, Ardian IM, dan Harry Sidabuke.

Dua nama awal merupakan pejabat pembuat komitmen atau PPK di Kemensos. Sedangkan, dua nama selanjutnya adalah pihak swasta sebagai vendor dari pengadaan bansos.

KPK menduga Juliari menerima jatah Rp10 ribu dari setiap paket sembako senilai Rp300 ribu per paket. Total setidaknya KPK menduga Juliari Batubara sudah menerima Rp8,2 miliar dan Rp8,8 miliar.

5. Gibran mengaku kaget namanya diseret-seret dalam skandal korupsi dana bansos

Disebut Rekomendasikan Tas Bansos, Gibran Punya Saham di PT Sritex? Gibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sementara, Gibran mengaku kaget namanya diseret-seret dalam skandal korupsi dana bantuan sosial (bansos). 

Saat ditemui usai blusukan di Kampung Banyuagung, Solo, Jawa Tengah, Senin (21/12/20), putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu menepis kabar buruk yang menimpa dirinya itu.

Gibran menegaskan, tidak ada kaitan antara dia dan dugaan korupsi dana bansos yang diberitakan oleh media. 

"Saya itu tidak pernah merekomendasikan atau ikut campur urusan bansos itu. Itu berita tidak benar," tegas Gibran.

Gibran juga menyuruh awak media untuk mengkroscek kebenaran berita tersebut ke PT Sritex.

"Silahkan kroscek ke Sritex dan KPK. Itu berita tidak benar. Kalau mau korupsi kenapa tidak dulu-dulu dan proyek yang lebih gede, jalan tol, Pertamina, silahkan saja dikroscek," tegas Gibran.

Gibran juga menepis dugaan bahwa dana kampanyenya disinyalir berasal dari dana korupsi bansos. Ia bahkan meminta masyarakat untuk mengecek kebenarannya di web KPU karena terbuka dan transparan.

"Sumber dana kampanye bisa dicek, LHKPN, dana kampanye semua bisa dicek online. Semua tidak ditutupi," tegasnya.

Gibran mengaku kecewa dengan berita yang mencatut namanya dalam dugaan korupsi dana bansos. Gibran meminta pihak terkait untuk membuktikan kebenaran berita tersebut.

Ditanya soal rencana membawa ke ranah hukum, Gibran masih memikirkannya. Ia mengaku tidak akan meminta tolong kepada Jokowi terkait berita yang mencatut namanya tersebut.

"Lihat nanti, tapi saya merasa sangat dirugikan, enak aja menulis berita-berita begitu, gak ada buktinya, sumber tidak jelas, berita tidak bener itu," tegas Gibran.

Baca Juga: Bantah Terlibat Skandal Bansos, Gibran: Kalau Mau Korupsi Jalan Tol

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya