Comscore Tracker

Wali Kota Tetapkan New Normal di Semarang Dimulai pada 8 Juni 2020

Sasar mal hingga kedai kopi jelang penerapan normal baru

Semarang, IDN Times - Menjelang penerapan new normal atau normal baru, Pemerintah Kota Semarang menggiatkan tes COVID-19 massal di sejumlah area publik. Sejumlah mal, kantor pemerintahan/lembaga, bandara, hingga kedai kopi yang ada di penjuru kota menjadi sasaran untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

1. Pemkot Semarang tes massal secara acak

Wali Kota Tetapkan New Normal di Semarang Dimulai pada 8 Juni 2020Ilustrasi rapid test di Pasar Rejomulyo Semarang.Dok. Dinkes Kota Semarang

Seperti pada Rabu (27/5) kemarin, tes massal kepada masyarakat dilakukan di Polrestabes Semarang, Kejaksaan Negeri Kota Semarang, Java Mal, dan Kedai Kopi Susu Bu Lurah di Jalan Rinjani Semarang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pihaknya meningkatkan tes massal secara acak di tempat-tempat keramaian jelang menuju skema new normal

"Alhamdulillah, bisa dilakukan dengan baik, kalau yang kemarin salah satunya di Mal Paragon hasilnya semua negatif, tinggal nanti kita lihat hasilnya yang hari ini dan selanjutnya," ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Rabu (27/5).

Baca Juga: Ini Hasil Rapid Test Peziarah di TPU Bergota Semarang saat Lebaran

2. Berharap hasil PKM tahap II lebih baik untuk jelang new normal

Wali Kota Tetapkan New Normal di Semarang Dimulai pada 8 Juni 2020Ilustrasi penyekatan jalan (Dok. Dishub Kota Semarang)

Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi berharap, hasil dari penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) tahap dua bisa jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Apalagi, menjelang penerapan normal baru oleh pemerintah pusat.

"Tak hanya meningkatkan tes massal, kami bersama Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Semarang pun berupaya meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang SOP kesehatan. Ingin sehat? Mari berdisiplin, kami terus sampaikan pemahaman-pemahaman kepada masyarakat, bahwa COVID-19 ini bahaya tapi bisa dihindari dengan SOP kesehatan," tuturnya.

3. Pemkot Semarang menerima masukan untuk konsep normal baru

Wali Kota Tetapkan New Normal di Semarang Dimulai pada 8 Juni 2020Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi cek kesiapan pos pantau di pintu masuk ibu kota Jateng. Dok. Pemkot Semarang

Di sisi lain, jelang dipastikannya penghentian PKM pada tanggal 7 Juni 2020 dan beralih pada skema new normal mulai 8 Juni 2020, Pemkot Semarang menunggu masukan dari berbagai pihak untuk mendapatkan konsep yang tepat dan tidak menimbulkan dampak buruk pada sisi mana pun. 

“Ada waktu dan kesempatan mempersiapkan protokol terbaik untuk melindungi warga. Kami akan membahas pada 6 Juni mendatang, sebagai persiapan sebelum 7 Juni PKM usai, dan new normal mulai 8 Juni mendatang,” tandas Hendi. 

Baca Juga: Usai PKM Pemkot Semarang Jajaki New Normal Mulai Juni

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya