Gandeng Bekraf dan Perpusnas, Begini Smartfren Dukung Potensi Milenial

Internet bukan hanya untuk update medsos loh

Jakarta, IDN Times - PT Smartfren Telecom, Tbk, kali ini menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Gerakan Permasyarakatan Minat Baca (GPMB) dari Perpusnas RI, untuk bersinergi mengajak generasi milenial mendobrak batasan kreativitas dan menjadi generasi #GoUnlimited, melalui gerakan roadshow yang akan dilaksanakan di 7 kota di Indonesia.

1. Mengembangkan potensi milenial di daerah menjadi tujuan utama

Gandeng Bekraf dan Perpusnas, Begini Smartfren Dukung Potensi MilenialIDN Times/Anindya Roswita Putri

Dalam acara ini Head of Community Development Smartfren Telecom Dani Akhyar menjelaskan bahwa tujuan utama dari program #GoUnlimited tak lain untuk mengenalkan #GoUnlimited untuk milenial dan memanfaatkannya seluas mungkin untuk kepentingan masyarakat.

"Kita kenalkan juga kalau teknologi digital ini bisa digunakan untuk mengembangkan potensi diri di secondary city(kota kecil) di Indonesia.” Hal ini disampaikan dalam kesempatan peresmian program roadshow Smartfren #GoUnlimited di bilangan Menteng, Jakarta Pusat (23/10).

Selain itu dalam kesempatan ini, Dani akhiyar juga menyatakan bahwa Smartfren berupa untuk mengenalkan literasi digital untuk mengembangkan potensi serta memperluas pengetahuannya. Tidak berhenti itu, dengan bekerjasama dengan GPMB, harapannya Smartfren juga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam memberikan edukasi kepada masyarakat lewat internet tanpa batas.

2. Pengetahuan tentang HKI masih rendah di kalangan milenial

Dalam kesempatan ini, dihadiri juga perwakilan Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi BEKRAF, Emanuel Rhano. Beliau menyatakan bahwa teknologi digital menjadi salah satu subsektor yang juga dikembangkan oleh BEKRAF.

Fokus BEKRAF saat ini bukan hanya untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki milenial, tetapi juga bagaimana tingkat pemahaman tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI) juga ikut meningkat. Rendahnya tingkat literasi mengenai HKI ini ditunjukkan lewat rendahnya tingkat kepemilikan HKI yang hanya mencapai 11,05%.

3. GPMB juga ikut serta memberikan literasi digital lewat program ini

Gandeng Bekraf dan Perpusnas, Begini Smartfren Dukung Potensi MilenialIDN Times/Anindya Roswita Putri

Dihadiri langsung oleh Sekjen GPMB, Robinson Rusdi, mengungkapkan bahwa tujuan utama dari awal berdirinya GPMB adalah untuk meningkatkan budaya baca bukan hanya sekadar minat baca. Program utama GPMB tiidak lain menumbuhkan rasa cinta kepada buku dan bagaimana fungsi perpustakaan menjadi optimal.

GPMB menyadari bahwa gerakan literasi harus sejalan dengan perkembangan dunia digital. Terlebih dengan generasi milenial yang tumbuh dan besar dengan smartphone dan gadget. Hal ini sejalan dengan Smartfren lewat program #GoUnlimited yang juga mengenalkan literasi digital untuk mengembangkan pengetahuan dan tingkat edukasi milenial.

4. Didukung juga oleh komunitas-komunitas lokal

Gandeng Bekraf dan Perpusnas, Begini Smartfren Dukung Potensi MilenialIDN Times/Anindya Roswita Putri

Sejak awal kemunculannya, Smartfren sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati para pelanggannya. Bahkan sejak tahun 2011 telah berdiri secara organik atas kesadaran sesama pelanggan sendiri, komunitas pengguna Smartfren yang diberi nama Smartfren Community yang berawal dari grup Facebook.

Komunitas ini terus bekembang pesat bahkan hingga tahun ini saja anggota sudah tersebar di 17 kota dengan angka member yang mencapai 50.000. Member dari komunitas ini sendiri terdiri dari blogger, pemerintah, dinas pelajar, UMKM, media, komunitas lainnya. Dani Akhyar juga menjelaskan salah satu keuntungan yang paling dirasakan oleh para member yang tergabung yaitu memungkinkan antar member mendapatkan informasi tentang Smartfren selama 24/7.

5. Smartfren turut mengadakan roadshow #GoUnlimited di 7 kota

Gandeng Bekraf dan Perpusnas, Begini Smartfren Dukung Potensi MilenialIDN Times/Anindya Roswita Putri

Untuk memaksimalkan program #GoUnlimited ini, Smartfren mengadakan roadshow yang diadakan di 7 kota yaitu Serang, Blitar, Kediri, Purwokerto, Salatiga, Purwakarta dan Subang. Kota pertama yang menjadi tujuan roadshow #GoUnlimited adalah Serang yang sudah dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2018.

Selain mengundang BEKRAF dan GPMB Perpusnas di setiap kota, roadshow #GoUnlimited juga menghadirkan para local hero yang mampu berkontribusi untuk kemajuan kotanya masing-masing.

Di akhir program Rhano selaku perwakilan dari BEKRAF mengungkapkan harapannya untuk para milennial, “Lewat program ini pemahaman milenial tentang HKI semakin meningkat serta apa yang dikaryakan tidak melanggar kekayaan hak orang lain”.

Topik:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya