4 Mantan Pejabat yang Pernah Sakit Kanker Ganas, 2 Meninggal

Linda dan Dahlan Iskan berhasil sembuh

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengidap penyakit kanker prostat stadium awal. Hal ini diungkapkan oleh staf pribadi SBY, Ossy Dermawan. 

Ossy mengatakan, SBY akan menjalani pengobatan di sebuah rumah sakit di luar negeri. “Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," kata Ossy.

Menurut anggota Majelis Tinggi Demokrat Syarief Hasan, SBY berobat ke Amerika Serikat. SBY berangkat ke AS bersama keluarga dan anak-anaknya.

"Cukup lama ya (SBY di Amerika Serikat) karena memerlukan check up, kemudian perawatan, check up lagi, kurang lebih 1,5 bulan," kata Syarief.

Diketahui, sebelum SBY ada sejumlah pejabat di Indonesia yang juga mengidap kanker. Siapa saja mereka? Berikut hasil penelusuran IDN Times.

Baca Juga: SBY Trending 1 di Twitter, Warganet Ramai-Ramai Doakan Cepat Sembuh

1. Linda Amalia Sari Gumelar

4 Mantan Pejabat yang Pernah Sakit Kanker Ganas, 2 MeninggalLinda Amalia Sari Gumelar (ANTARA Foto)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak periode 2009-2014 Linda Amalia Sari Gumelar, menyatakan pernah mengidap penyakit kanker payudara stadium rendah yang berhasil sembuh karena melakukan deteksi dini.

Linda rutin melakukan deteksi dini kanker payudara, sehingga begitu divonis mengidap kanker payudara, dia bersama tim dokter langsung melakukan langkah penanggulangan.

2. Dahlan Iskan

4 Mantan Pejabat yang Pernah Sakit Kanker Ganas, 2 MeninggalDahlan Iskan (Instagram.com/dahlaniskan19)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2011-2014 Dahlan Iskan, pernah mengidap penyakit kanker hati dan menjalani operasi transplantasi hati di Tianjin First Center Hospital, China pada 2007.

Setelah menjalani operasi, mantan Dirut PLN tersebut akhirnya sembuh dan dapat beraktivitas kembali sampai sekarang.

Baca Juga: SBY ke Amerika Serikat 1,5 Bulan Obati Kanker, Begini Kondisinya 

3. Endang Rahayu Sedyaningsih

4 Mantan Pejabat yang Pernah Sakit Kanker Ganas, 2 MeninggalEndang Rahayu Sedyaningsih (ANTARA Foto)

Mantan Menteri Kesehatan di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II Endang Rahayu Sedyaningsih diketahui mengidap penyakit kanker paru-paru. Vonis tersebut diketahui setelah Endang rutin menjalani general check up sekitar bulan Oktober dan November 2010.

Pada 2 Mei 2012 Endang meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, setelah dikabarkan kritis dan kondisi yang terus menurun. Endang pun tercatat menjalani jabatan sebagai menkes kurang dari 3 tahun yakni dari Oktober 2009 sampai Mei 2012. 

4. Sutopo Purwo Nugroho

4 Mantan Pejabat yang Pernah Sakit Kanker Ganas, 2 Meninggal(Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho akhirnya bisa berjabat tangan dengan Jokowi) Laily Rachev/Biro Pers Istana

Mantan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan masa jabatan 2010 sampai 2019, Sutopo Purwo Nugroho, divonis mengidap penyakit kanker paru stadium 4 pada Januari 2018. Sakit yang dialaminya berawal dari rasa nyeri pinggang bagian kiri dan batuk yang tak kunjung sembuh selama seminggu.

Sutopo menjalani perawatan intensif akibat penyakitnya di luar negeri. Setelah menderita kanker paru selama hampir dua tahun, Sutopo meninggal dunia di Guangzhou, China pada 7 Juni 2019 di usia ke-49 tahun.

Baca Juga: Sutopo Purwo Nugroho, Sang Pejuang Bencana dan Kanker Paru-paru

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya