4 Sunah Rasulullah Sebelum Tidur Agar Terhindar dari Bahaya

Sunah sebelum tidur menjadi amal ibadah kepada Allah SWT

Jakarta, IDN Times - Rasulullah SAW merupakan uswatun hasanah atau teladan yang baik bagi setiap umatnya, baik dari perbuatan, perkataan bahkan diamnya Rasulullah SAW menjadi amal ibadah dan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Salah satu yang bisa diteladani umat Islam adalah amalan yang dilakukan Rasulullah SAW ketika hendak tidur. Tidur merupakan salah satu nikmat yang diberikan Allah SWT kepada hambanya sebagai waktu istirahat, sebagaimana firman Allah dalam surah An-Naba ayat 9.

وَّ جَعَلۡنَا نَوۡمَکُمۡ سُبَاتًا ۙ
Waja’alnaa naumakum subaatan

Artinya: Dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat

Berikut sunah-sunah yang diajarkan Rasulullah SAW ketika hendak tidur.

1. Berwudu

4 Sunah Rasulullah Sebelum Tidur Agar Terhindar dari Bahayailustrasi wudhu (nu.or.id)

Dikutip dari buku Rahasia Butiran Air Wudhu karya Ust. Mukhsin, berwudu sebelum tidur bertujuan agar setiap muslim dalam kondisi suci pada setiap keadaannya, walaupun ia dalam keadaan tidur. Sehingga bila memang ajalnya datang menjemput, maka dia pun kembali ke hadapan Allah dalam keadaan suci.

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda sebagaimana berikut:

"Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci". (HR Ibnu Hibban 3/329)

2. Mengibas kasur sebelum tidur

4 Sunah Rasulullah Sebelum Tidur Agar Terhindar dari BahayaIlustrasi Dekorasi Kamar Tidur (IDN Times/Sunariyah)

Dikutip dari buku Jadiah Indah Penjelasan Tentang Sunnah-Sunnah Sehari-hari karya Maktaba Dar-us-salam, Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk mengibas kasur dengan bagian dalam sarungnya sebanyak tiga kali dengan membaca basmallah. 

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda sebagaimana berikut:

“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi dan Abu Dawud)

3. Meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan

4 Sunah Rasulullah Sebelum Tidur Agar Terhindar dari BahayaIlustrasi Dekorasi Kamar Tidur (IDN Times/Sunariyah)

Adab berikutnya yang diajarkan Rasulullah SAW saat tidur adalah meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan. 

Dikutip dari nu.or.id, pernyataan tersebut diperkuat dalam sebuah hadis shahih riwayat At-Turmudzi dari Sayyidah Hafshah yang mengatakan, “Sesungguhnya Rasulullah apabila hendak tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipinya lalu mengucapkan Allâhumma qinî ‘adzâbaka yauma tab‘atsu ‘ibâdaka, sampai tiga kali."

Selain itu, Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk menghadap ke kanan saat tidur. Hal ini pun juga memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah mengurangi beban jantung dan menjaga kesehatan paru-paru. 

4. Membaca zikir dan doa sebelum tidur

4 Sunah Rasulullah Sebelum Tidur Agar Terhindar dari BahayaIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Ketika hendak tidur, Rasulullah SAW selalu membaca zikir dan doa berikut ini:

  1. Membaca Ayat Kursi. Manfaatnya agar tidur kita terjaga dari setan sampai pagi, sebagaimana dalam hadis dari Abu Hurairah "Jika engkau hendak tidur, maka bacalah ayat kursi, "Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum..." hingga engkau menyelesaikan ayat tersebut. Maka engkau akan terus mendapatkan penjagaan dari Allah dan setan tidak akan mendekatimu sampai pagi." (HR. Abu Hurairah).
  2. Membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah. Salah satu manfaatnya agar diberikan kecukupan oleh Allah SWT, sebagaimana dalam hadis Bukhari "siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberikan kecukupan." (HR. Bukhari dan Muslim).
  3. Membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Dalam hadis shahih Bukhari, Aisyah RA berkata, "Biasanya Rasulullah SAW jika hendak tidur Beliau meniup dengan 'Qul huwallahu ahad...", dengan surah Al-Falaq dan An-Naas (mu/awwidzatain) seluruhnya, kemudian mengusap dengan kedua tangan itu ke wajahnya dan bagian jasadnya yang dapat terjangkau oleh kedua tangan." (HR. Bukhari) agar tidurnya tetap terjaga.
  4. Membaca doa. Doa sebelum tidur sebagaimana yang telah kita ketahui "Bismillahirrahmanirrahim.Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut". Artinya: "Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.”

Membaca doa sebelum tidur dapat menjadi benteng bagi manusia untuk terhindar dari perbuatan buruk sebelum tidur.

Baca Juga: Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya