7 Hal yang Kamu Harus Tahu Sebelum Nongkrong di Pos Bloc Jakarta

Mau wisata ke Pos Bloc Jakarta? Yuk intip tipsnya

Jakarta, IDN Times - Pos Bloc Jakarta menjadi salah satu destinasi wisata baru yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Jakarta Pusat. 

Pos Bloc Jakarta terletak di dalam Gedung Filateli peninggalan kolonial Belanda yang telah berdiri sejak 1860-an sebagai kantor pos, sehingga Pos Bloc Jakarta ini menjadi salah satu destinasi cagar budaya.

Di sana, pengunjung dapat menikmati beragam produk ekonomi kreatif dan kuliner dari UMKM lokal dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti tempat duduk yang nyaman baik di dalam, maupun di luar ruangan atau halaman gedung, toilet, musala, dan juga studio photobox.

Berikut beberapa tips yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke Pos Bloc agar aktivitas wisata menjadi nyaman.

1. Sudah vaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama

7 Hal yang Kamu Harus Tahu Sebelum Nongkrong di Pos Bloc Jakartailustrasi virus corona (IDN Times/Aditya Pratama)

Syarat bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pos Bloc Jakarta adalah telah melakukan vaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama.

Bagi wisatawan yang belum melakukan vaksinasi COVID-19 tidak diperkenankan masuk dan disarankan untuk melakukan vaksinasi. 

Baca Juga: 9 Potret Pameran Tokoh Pers di M Bloc Space, Menarik Dikunjungi!

2. Telah mengunduh aplikasi PeduliLindungi

7 Hal yang Kamu Harus Tahu Sebelum Nongkrong di Pos Bloc JakartaIlustrasi aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Aplikasi PeduliLindungi menjadi syarat bagi wisatawan yang ingin berkunjung kemana pun, termasuk Pos Bloc Jakarta agar bisa memasuki area wisata. 

Pengunjung dipastikan telah menyiapkan aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki gedung agar menghindari antrean yang menumpuk.

3. Datang menggunakan transportasi publik

7 Hal yang Kamu Harus Tahu Sebelum Nongkrong di Pos Bloc JakartaIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Pos Bloc Jakarta tidak menyediakan tempat parkir secara khusus, tempat parkir mobil  yang berada di depan gedung hanya diperbolehkan parkir selama 10 menit dan untuk mobil yang hanya menurunkan penumpang.

Disarankan bagi wisatawan yang ingin berkunjung menggunakan moda transportasi umum seperti TransJakarta karena halte TransJakarta Pasar Baru terletak dekat Pos Bloc, Bajaj, ojek atau ojek online untuk menghindari adanya parkir liar.

4. Menyiapkan alat pembayaran alternatif

7 Hal yang Kamu Harus Tahu Sebelum Nongkrong di Pos Bloc JakartaIlustrasi Pembayaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Di Pos Bloc Jakarta, hampir semua UMKM yang tersedia menerapkan cashless atau pembayaran tidak menggunakan uang tunai agar menghindari penyebaran virus COVID-19 yang berasal dari uang tunai.

Sehingga, sebelum berkunjung, wisatawan perlu menyiapkan alat pembayaran alternatif lain.

Baca Juga: Kemendikbud Ristek Gelar Pameran Tokoh Pers di M Bloc Space

5. Usahakan jangan datang pada sore hari

7 Hal yang Kamu Harus Tahu Sebelum Nongkrong di Pos Bloc JakartaTempat wisata Pos Bloc Jakarta yang terletak di dalam Gedung Filateli Jakarta Pusat (IDN Times/Annisa Dewi Lestari)

Tim IDN Times sempat berkunjung ke Pos Bloc Jakarta pada Senin (22/11/21) pada pukul 14.00 WIB, terpantau lokasi masih sedikit pengunjung.

Namun, sekitar pukul 16.00 WIB Pos Bloc sudah dipenuhi pengunjung, karena sudah memasuki jam pulang kerja.

6. Memakai pakaian terbaik, biar selfie makin kece

7 Hal yang Kamu Harus Tahu Sebelum Nongkrong di Pos Bloc JakartaTempat wisata Pos Bloc Jakarta yang terletak di dalam Gedung Filateli Jakarta Pusat (IDN Times/Annisa Dewi Lestari)

Pos Bloc Jakarta menghadirkan konsep zaman dulu yang dikemas dengan kekinian, sehingga banyak spot foto yang bagus dan instagramable yang cocok untuk foto bersama teman atau keluarga.

Selain itu, di sana juga menyediakan photobox yang kekinian.

7. Mematuhi protokol kesehatan

7 Hal yang Kamu Harus Tahu Sebelum Nongkrong di Pos Bloc JakartaTempat wisata Pos Bloc Jakarta yang terletak di dalam Gedung Filateli Jakarta Pusat (IDN Times/Annisa Dewi Lestari)

Pandemik COVID-19 belum berakhir, dipastikan pengunjung Pos Bloc Jakarta tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun, serta berkunjung saat tidak dalam keadaan sakit.

Pos Bloc Jakarta berlokasi di  Gedung Filateli, Jalan Pos Nomor 2, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, dekat dengan Pasar Baru. Kawasan dapat dinikmati setiap hari biasa pukul 10.00 sampai 21.00 WIB dan akhir pekan pukul 07.00 sampai 21.00 WIB.

Baca Juga: Fakta-Fakta Taman Literasi, Ambisi Anies Jadikan Jakarta Kota Buku

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya