Comscore Tracker

Ganjil Genap Berlaku di TMII, Banyak Kendaraan Kecele Diputar Balik

Ganjil genap di TMII berlaku Jumat, Sabtu dan Minggu

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta dan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah memberlakukan aturan ganjil genap di tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Impian Jaya Ancol. Peraturan ini mengacu pada Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1096 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Jakarta.

Perwira Pengendali Pos Ganjil Genap TMII Ipda Sarwono menjelaskan, peraturan ganjil-genap di tempat wisata TMII diberlakukan setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 12.00 WIB-18.00 WIB.

Baca Juga: [BREAKING] Ganjil-Genap Bakal Berlaku di Kawasan Wisata Jawa-Bali

1. Sejumlah kendaraan diputar balik karena tidak sesuai aturan ganjil genap di pintu masuk TMII

Imbas aturan ini, petugas Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Timur dan Suku Dinas Perhubungan memutar balik sejumlah kendaraan pengunjung TMII yang tidak sesuai aturan ganjil genap.

Sarwono mengatakan, pengunjung yang diperbolehkan masuk TMII pada hari ini adalah kendaraan dengan nomor polisi genap. Namun, masih terdapat kendaraan bernomor polisi ganjil yang datang.

"Masih ada kendaraan yang diputar balik, kendaraan pelat nomor ganjil," kata Sarwono dikutip dari ANTARA, Sabtu (18/9/2021).

2. Masyarakat sudah banyak mengetahui sistem ganjil genap berlaku di pintu masuk TMII

Ganjil Genap Berlaku di TMII, Banyak Kendaraan Kecele Diputar BalikPolisi berjaga saat uji coba penerapan sistem ganjil genap di Jalan Raya Puncak, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Dia juga mengatakan, dibandingkan hari pertama pada Jumat (18/9) kemarin, sudah banyak masyarakat yang mengetahui adanya aturan ganjil genap di tempat wisata TMII.

"Alhamdulillah untuk hari kedua ini sudah banyak masyarakat yang tahu bahwa untuk masuk TMI harus mengikuti daripada tanggal yang diberlakukan," kata Sarwono.

3. Ganjil genap di tempat wisata berlaku seterusnya

Ganjil Genap Berlaku di TMII, Banyak Kendaraan Kecele Diputar BalikPengunjung keluar dari theater keong mas di TMII, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo sebelumnya mengatakan, kebijakan ganjil genap di tempat wisata, termasuk TMII akan berlaku seterusnya dengan tujuan untuk menjaga dan mengurangi kerumunan khususnya di tempat wisata. Kebijakan ini juga penyesuaian dari protokol kesehatan di tempat wisata. 

Meski begitu, kendaraan yang melanggar ganjil genap saat hendak masuk kawasan wisata dipastikan tidak akan ditilang. Petugas hanya akan melarang masuk kendaraan yang tidak sesuai dengan tanggal ganjil atau genap. 

“Tidak ada tilang, karena anggota berjaga di tempat masuk. Bagi yang mau drop off silakan tapi tidak masuk. Untuk sepeda motor masih belum berlaku, jadi hanya untuk kendaraan roda empat,” ujar Sambodo. 

Baca Juga: Polda Metro Terapkan Ganjil Genap di Pintu Masuk Ancol dan TMII   

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya