Jubir Muda soal Petinggi PAN Pindah ke NasDem: Gak Berpengaruh

PAN tetap fokus menjalankan tugas dan persiapan Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times – Jubir Muda Partai Amanat Nasional (PAN), Enggal Pamukty, angkat bicara terkait kepindahan mantan Ketua DPW PAN Riau Irwan Nasir ke Partai Nasional Demokrat (NasDem). Ia menilai tindakan Irwan bukan hal yang aneh di era demokrasi.

Selain itu, Enggal memastikan kepindahan Irwan tidak akan mempengaruhi kinerja PAN.

"Di era demokrasi, fenomena perpindahan politisi dari partai politik satu ke partai politik lainnya sudah dianggap masyarakat bukan barang baru lagi. Biasa saja. Dan tidak berpengaruh apa-apa karena itu hak politik setiap warga negara," kata Enggal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/10/21).

1. Kepindahan Irwan diminta tak perlu dibesar-besarkan

Jubir Muda soal Petinggi PAN Pindah ke NasDem: Gak BerpengaruhANTARA FOTO/Jojon

Enggal meminta kepindahan Irwan itu tidak perlu dibesar-besarkan. Irwan diketahui merupakan kader PAN yang sukses menjadi Bupati Kepulauan Meranti selama dua periode, yakni 2010—2015 dan 2016—2021.

"Saudaraku Irwan yang melakukan atraksi lompat pagar ke partai lain tidak membawa dampak apa-apa bagi PAN. Pengaruhnya non-signifikan," kata dia.

Baca Juga: PAN Cerita Kendala Pemilu 2024: Muncul Matahari Kembar-Pilkada Diundur

2. PAN tidak merasa kehilangan

Jubir Muda soal Petinggi PAN Pindah ke NasDem: Gak BerpengaruhIDN Times/Dhana Kencana

Enggal pun menegaskan pindahnya Irwan tidak membuat PAN merasa kehilangan. Ia meyakini akan ada banyak kader baru yang lebih kompeten.

"Saya sampaikan, PAN tidak merasa kehilangan sama sekali atau meratapi, karena satu hilang, seribu tumbuh berganti. Akan muncul kader yang siap mengganti dan siap berkontribusi untuk masyarakat. Apalagi sekarang PAN Riau dipimpin kader militan yang seorang bupati," jelas Enggal.

3. PAN fokus siapkan strategi pemenangan Pemilu 2024 dan kegiatan kemanusiaan

Jubir Muda soal Petinggi PAN Pindah ke NasDem: Gak BerpengaruhKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

PAN akan tetap fokus mempersiapkan strategi demi memenangkan Pemilu 2024. Di sisi lain, kata Enggal, partai belambang matahari itu juga akan terus fokus membantu masyarakat yang terdampak pandemik COVID-19.

"Fokus PAN saat ini adalah mempersiapan strategi pemenangan Pemilu dan tetap melaksanakan program kemanusiaan di tengah pandemi saat ini untuk masyarakat yang terdampak, seperti mengadakan program vaksin massal, memberikan bantuan sembako, memberikan penyuluhan yang mengedukasi masyarakat, bahkan di parlemen kita terus memperhatikan hak guru honorer. Jadi kita sama sekali ga punya waktu fokus hal yang lain," ujar Enggal.

Baca Juga: PAN Ingin Usung Ketua Umumnya Zulkifli Hasan Sebagai Capres 2024

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya