Kumpulan Doa Agar Dimudahkan Saat Melahirkan

Doa dibaca terutama oleh suami yang menemani persalinan

Jakarta, IDN Times - Kelahiran buah hati merupakan hal yang sangat didambakan oleh setiap orang tua. Namun, proses ini tentu saja mendatangkan perasaan khawatir dan cemas, sebab proses melahirkan mempertaruhkan nyawa seorang ibu yang mengandung.

Setiap orang tua pastinya mengharapkan bayi yang dilahirkan dalam kondisi sehat, utuh tanpa cacat, dan segala kebaikan lainnya. Di samping itu, ibu yang melahirkan juga selamat dan sehat.

Agar persalinan lancar dan terhindar dari segala bahaya, Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, dalam al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr, menyebutkan hendaknya membaca doa-doa berikut ini, seperti dilansir nu.or.id.

Baca Juga: Doa Istri untuk Suami yang Mencari Nafkah, Pembuka Pintu Rezeki

1. Membaca Ayat Kursi

Kumpulan Doa Agar Dimudahkan Saat MelahirkanIlustrasi Al-Qur'an (IDN Times/Sunariyah)

Berikut adalah bacaan Ayat Kursi, surah Al-Baqarah ayat 255:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ 

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

2. Membaca surah Al-Falaq dan An-Naas

Kumpulan Doa Agar Dimudahkan Saat MelahirkanIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain membaca Ayat Kursi, dianjurkan juga untuk membaca tiga surah pendek berikut:

Surah Al-Falaq

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ . وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ .  وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَد

Artinya: "Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki."


Surah An-Naas

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ .مَلِكِ ٱلنَّاسِ. إِلَٰهِ ٱلنَّاسِ .مِن شَرِّ ٱلْوَسْوَاسِ ٱلْخَنَّاسِ .ٱلَّذِى يُوَسْوِسُ فِى صُدُورِ ٱلنَّاسِ .مِنَ ٱلْجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ

Artinya: “Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

3. Membaca surah Al-A’raf ayat 54

Kumpulan Doa Agar Dimudahkan Saat MelahirkanIlustrasi berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Berikut adalah bacaan surah Al-A’raf yang selalu dibacakan menjelang melahirkan:

  إِنَّ رَبَّكُمُ الله الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ الله رَبُّ الْعَالَمِينَ  

Inna Rabbakumulladzî kholaqas samâwâti wal ardla fî sittati ayyâmin tsummastawâ ‘alal ‘arsyi yughsyil lailan nahâra yathlubuhu hatsîtsan wasy syamsa wal qamara wan nujûma musakhkharâtim bi amrihi alâ lahul khalqu wal amru tabârokaLlâhi rabbil ‘âlamîn.

Artinya: “Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Lalu Dia bersemayam di ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan, dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

4. Membaca doa Kurob

Kumpulan Doa Agar Dimudahkan Saat MelahirkanIlustrasi Membaca Al-Qur'an(IDN Times/Besse Fadhilah)

Doa Kurob adalah doa yang dibacakan saat keadaan genting, sama halnya saat proses persalinan. Berikut bacaannya sesuai ajaran Rasulullah SAW:

لا إله إلا الله العظيم الحليم ، لا إله إلا الله رب العرش العظيم ، لا إله إلا الله رب السموات ورب الأرض رب العرش الكريم.  يا حي يا قيوم ، برحمتك أستغيث

Lâ ilâha illallâhul ‘azhîmul halîm. Lâ ilâha illallâhu rabbul ‘arsyil ‘azhîm. Lâ ilâha illallâhu rabbus samâwâti wa rabbul ardhi rabbul ‘arsyil karîm. Yâ hayyu, yâ qayyûm, bi rahmatika astaghîts.

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Agung lagi Maha Santun. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan arasy yang megah. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan langit, bumi, dan arasy yang mulia. Wahai Tuhan Yang Maha Hidup, lagi Maha Jaga, hanya kasih-sayang-Mu yang kuharapkan.”

Baca Juga: Doa untuk Ibu Hamil, Termasuk Doa Syukuran Tujuh Bulan

5. Doa agar dimudahkan saat proses persalinan

Kumpulan Doa Agar Dimudahkan Saat MelahirkanIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain bacaan-bacaan di atas, dianjurkan juga banyak membaca doa berikut agar diberikan kemudahan dalam proses persalinan. 

ﺤﻨﺎ ﻭﻟﺪﺖ ﻤﺭﻴﻡ ﻭﻤﺭﻴﻡ ﻭﻟﺪﺖ ﻋﻴﺴﻰ ﺍﺨﺮﺝ ﺍﻴﻬﺎ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺪ ﺒﻗﺪﺮﺓ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺍﻟﻤﻌﺒﻮﺪ

Hannaa Waladat Maryama Wa Maryama Waladat 'Iisaa Ukhruj Ayyuham Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma'buudi.

Artinya: “Hana melahirkan Maryam, sedangkan Maryam telah melahirkan Isa. Keluarlah (lahirlah) hai anak dengan sebab kekuasaan Raja (Allah) yang disembah.”

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya