Mengenal Malaikat Israfil, Peniup Sangkakala di Hari Kiamat

Malaikat Israfil tak pernah tertawa sejak neraka diciptakan

Jakarta, IDN Times – Setiap umat muslim wajib percaya dan yakin bahwa hari kiamat atau hari akhir zaman pasti akan terjadi. Sebab, percaya atau beriman kepada hari kiamat termasuk dalam rukun iman kelima.

Begitu pula dengan percaya atau beriman kepada malaikat Allah SWT yang ditugaskan untuk meniupkan sangkakala sebagai tanda datangnya hari kiamat.

Hari kiamat merupakan akhir dari kehidupan makhluk di alam semesta. Allah SWT akan melenyapkan segala kehidupan yang ada di dalamnya, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surah (QS) An-Naml ayat 87 sebagai berikut:

وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرِ فَفَزِعَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِىالْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗوَكُلٌّ اَتَوْهُ دَاخِرِيْنَ

Artinya: Dan (ingatlah) pada hari (ketika) sangkakala ditiup, maka terkejutlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri.” (QS. An-Naml: 87)

Lantas, siapa malaikat yang yang ditugaskan Allah SWT untuk meniup sangkakala? Berikut ulasan lengkap mengenai malaikat Israfil.

Baca Juga: Mengenal Malaikat Izrail, Malaikat Pencabut Nyawa Semua Makhluk

1. Malaikat Israfil bertugas sebagai peniup sangkakala

Mengenal Malaikat Israfil, Peniup Sangkakala di Hari KiamatIlustrasi Malaikat. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dikutip dari buku Israfil dan Peristiwa Hari Kiamat karya Mansur Abdul Hakim, malaikat yang ditugaskan oleh Allah SWT untuk meniup sangkakala sebagai tanda datangnya hari kiamat adalah Malaikat Israfil.

Hal tersebut terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Sesungguhnya, Allah SWT semenjak menciptakan langit dan bumi, Dia menciptakan pula sangkakala, lalu Dia berikan kepada Israfil. Israfil meletakkannya di mulutnya. Dia berada di ‘Arasy tengah menunggu datangnya perintah dari Allah SWT untuk meniup terompet tersebut.”

Malaikat Israfil telah bersiap meniupkan sangkakala, berdasarkan sabda Rasulullah SAW sebagai berikut.

“Bagaimana saya boleh merasakan nikmat, sedang pemilik sangkakala telah memegang sangkakala, mengerutkan dahi, pendengarannya siap siaga menunggu bilakah akan diperintahkan untuk meniup sangkakala itu.”

2. Rupa dan sifat Malaikat Israfil

Mengenal Malaikat Israfil, Peniup Sangkakala di Hari KiamatIlustrasi Malaikat. (IDN Times/Aditya Pratama)

Berdasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Al-Suyuti, sebagaimana dalam perbincangan Rasulullah SAW bersama Malaikat Jibril saat Jibril menampakkan rupanya, kemudian Rasulullah SAW berkata, “sungguh aku tidak pernah melihat makhluk seperti itu.”

Lalu Jibril berkata, “bagaimana pula jika kamu melihat Israfil, dia adalah malaikat yang mempunyai 12 sayap, satu sayap terbentang di sebelah timur dan sayap lainnya di barat. Arasy dibebankan di atas bahunya. Ada kalanya jasadnya mengecil atas perintah Allah SWT sehingga menjadi seperti burung kecil.

Malaikat Israfil tidak pernah tertawa sejak neraka diciptakan oleh Allah SWT, hal ini terdapat pada hadis yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Aku pernah bertanya kepada Jibril, "Wahai Jibril! Kenapakah aku tidak pernah melihat Israfil a.s. ketawa, tidak pernah datang kepadaku satu malaikat pun kecuali aku melihatnya tertawa?" Jibril menjawab, "kami semua tidak pernah melihat Israfil a.s. ketawa semenjak neraka diciptakan.”

3. Apa yang terjadi ketika Malaikat Israfil meniup sangkakala?

Mengenal Malaikat Israfil, Peniup Sangkakala di Hari KiamatIlustrasi Awan (IDN Times/Sunariyah)

Malaikat Israfil ditugaskan meniup sangkakala. Tiupan pertama menyebabkan setiap makhluk terkejut, kemudian terhempas mati serta hancurnya alam semesta. Kemudian tiupan kedua untuk membangkitkan makhluk hidup kembali untuk menghitung amal perbuatannya.

Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Az-Zumar ayat 68 sebagai berikut:

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا مَن شَآءَ ٱللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

Artinya: Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (QS. Az-Zumar: 68)

Allah SWT juga menjelaskan apa yang akan terjadi setelah sangkakala ditiup oleh Malaikat Israfil dalam QS. Al-Haqah ayat 13 sampai 18 sebagai berikut:

فَإِذَا نُفِخَ فِي الصُّورِ نَفْخَةٌ وَاحِدَةٌ (١٣) وَحُمِلَتِ الأرْضُ وَالْجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةً وَاحِدَةً (١٤) فَيَوْمَئِذٍ وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُ (١٥) وَانْشَقَّتِ السَّمَاءُ فَهِيَ يَوْمَئِذٍ وَاهِيَةٌ (١٦) وَالْمَلَكُ عَلَى أَرْجَائِهَا وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمَانِيَةٌ (١٧) يَوْمَئِذٍ تُعْرَضُونَ لا تَخْفَى مِنْكُمْ خَافِيَةٌ (١٨)

Artinya: Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung lalu dibenturkan keduanya sekali benturan. Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi rapuh. Dan para malaikat berada di berbagai penjuru langit. Pada hari itu delapan malaikat menjunjung Arsy (singgasana) Tuhanmu di atas (kepala) mereka. Pada Hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tidak ada sesuatu pun dari kamu yang tersembunyi (bagi Allah).” (QS. Al-Haqah: 13-18).

Baca Juga: Mengenal Malaikat-Malaikat Allah SWT dan Tugasnya

4. Sangkakala tidak dijaga sendiri oleh Malaikat Israfil

Mengenal Malaikat Israfil, Peniup Sangkakala di Hari Kiamatilustrasi langit dan awan (IDN Times/Sunariyah)

Rasulullah SAW menyatakan bahwa sangkakala yang akan ditiup menjelang hari kiamat dimiliki oleh dua malaikat (bukan satu malaikat). Dalam hadis riwayat Abi Hatim, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: "tidak henti-hentinya dua pemilik sangkakala memegang sangkakala menunggu bilakah keduanya diperintahkan untuk meniupnya.”

Hal tersebut juga terdapat pada hadis lain yang diriwayatkan oleh Ahmad, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: "Israfil a.s. adalah pemilik sangkakala, sedang Jibril a.s. berada di sebelah kanannya dan Mikail a.s. di sebelah kirinya.”

Ketiga malaikat tersebut merupakan pengecualian makhluk yang mati saat hari kiamat yang dikehendaki oleh Allah SWT. Terkandung dalam hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik, sebagaimana pertanyaan sahabat kepada Rasulullah SAW:

“Wahai Rasulullah, siapakah di antara mereka yang diberi pengecualian oleh Allah? Rasulullah menjawab, mereka yang dikecualikan ialah Jibril, Mikail, Malaikat maut, Israil, dan para malaikat pemikul arasy.”

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya