Comscore Tracker

Mengenal Malaikat Izrail, Malaikat Pencabut Nyawa Semua Makhluk

Malaikat Iazrail tidak mencabut nyawanya sendiri

Jakarta, IDN Times - Malaikat adalah salah satu makhluk Allah SWT yang diciptakan dari cahaya. Percaya kepada malaikat merupakan salah satu dari rukun iman Islam. Allah SWT menciptakan malaikat untuk menjalankan tugas istimewa sesuai yang ditetapkan, salah satunya adalah mencabut nyawa, yakni malaikat Izrail.

Kita wajib mengimani keberadaan serta tugas-tugas malaikat.  Barang siapa yang tidak beriman dengan keberadaan mereka, maka dia termasuk orang kafir, sebagaimana ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa ayat 136 yang artinya:

"Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya." (QS. An-Nisa:136)

Terdapat 10 nama malaikat yang wajib diyakini keberadaan dan tugasnya. Antara lain malaikat Jibril, Mikail, Rakib, Atid, Izrail, Israfil, Munkar, Nakir, Malik, dan Ridwan. Lantas siapa malaikat yang akan mencabut nyawa makhluk hidup. Berikut tugas malaikat Izrail dan penjelasannya.

Baca Juga: 7 Sifat Rasulullah Penuntun Kehidupan

1. Siapa malaikat yang mencabut nyawa?

Mengenal Malaikat Izrail, Malaikat Pencabut Nyawa Semua MakhlukIlustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Setiap makhluk yang bernyawa akan mati, hal tersebut tertuang dalam firman Allah di Al-Qur'an Surat Al-Ankabut ayat 57:

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ ثُمَّ اِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ 

Artinya: "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan." (QS. Al-Ankabut: 57)

Sedangkan malaikat yang bertugas untuk mencabut nyawa adalah Malaikat Izrail atau biasa disebut dengan malaikat maut.

Peneliti Bidang Aqidah Ustaz Nur Rohmad, MA menjelaskan, Malaikat Izrail ditugaskan oleh Allah SWT untuk mencabut sebuah ruh, termasuk arwah orang-orang yang mati sahid, dan arwah binatang-binatang.

"Malaikat Izrail atau Azharil ditugaskan oleh Allah SWT untuk mencabut semua ruh, termasuk juga arwah para syuhada, orang-orang yang mati sahid, itu yang mencabut ruh-ruh mereka adalah malaikat Izrail, termasuk juga orang yang sahid karena mati tenggelam di lautan misalkan, begitu juga arwah binatang-binatang." jelas Nur Rohman dalam siniar youtube NU Online, Kamis (20/12/20)

 

2. Siapa yang akan mencabut nyawa Malaikat Izrail?

Mengenal Malaikat Izrail, Malaikat Pencabut Nyawa Semua MakhlukIlustrasi Berdoa. (IDN Times/Aditya Pratama)

Nur mengatakan bahwa banyak pendapat yang mengatakan, selain ditugaskan untuk mencabut nyawa semua makhluk yang bernyawa, Malaikat Izrail juga akan mencabut nyawanya sendiri. 

Nur mengatakan, Allah SWT lah yang akan mematikan Malaikat Izrail dan Izrail lah yang akan dicabut nyawanya paling terakhir.

"Tidak berdasar, tidak ada hadis yang menjelaskan tentang hal itu, jadi Allah lah yang akan mematikan Malaikat Izrail dengan kekuasaanya, dengan sifat maha kuasanya, Allah mematikan, Allah menjadikan mati Malaikat Izrail, Allah mewafatkan Izrail, dan Izrail adalah makhluk yang terakhir mati," jelas Nur.

 

3. Kenapa malaikat maut disebut dengan nama Izrail?

Mengenal Malaikat Izrail, Malaikat Pencabut Nyawa Semua MakhlukIlustrasi membaca Al-Quran (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dikutip dari buku Pintar Muslim dan Muslimah karya Rina Ilfatul Hasanah, penamaan malaikat maut sebagai nama Izrail sebenarnya tidak disebutkan dengan jelas di dalam Al-Qur'an maupun hadis-hadis yang shahih.

Namun, penamaan Izrail terdapat di sebagian atsar (kutipan perkataan Nabi). Nah, itu dia tugas malaikat Izrail sebagai malaikat pencabut nyawa.

Baca Juga: 12 Kriteria Orang yang Didoakan oleh Malaikat dalam Islam

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya