Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB di Papua Akan Dipulangkan ke Aceh

Korban ditembak saat sedang mengambil air di penampungan

Jakarta, IDN Times - Komandan Kodim (Dandim) 0115 Simeulue, Kodam Iskandar Muda, Letkol Inf Yogi Bahtiar, mengatakan prajurit TNI Serda Putra Rahaldi yang gugur ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Provinsi Papua akan dipulangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Simeulue, Aceh.

Yogi juga mengatakan, rencananya jenazah akan dimakamkan di Taman Bahagia, Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh.

"Rencananya, jenazah Serda Putra Rahaldi akan dimakamkan di Taman Bahagia, Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue," kata Yogi di Simeulue, dikutip dari ANTARA Sabtu (4/12/2021).

1. Masih menunggu informasi lebih lanjut terkait pemulangan jenazah

Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB di Papua Akan Dipulangkan ke AcehIlustrasi mobil Jenazah. (IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati)

Yogi mengatakan Kodim 0115 Simeulue dan jajaran masih menunggu informasi lebih lanjut terkait pemulangan jenazah Rahaldi. Mereka juga telah menyiapkan penerimaan pemulangan jenazah di rumah duka di Desa Suka Maju, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.

Redi Anwar, kakak Rahaldi, mengatakan adiknya tersebut merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Ayah mereka bernama Darlimsyah yang bekerja sebagai nelayan.

"Sedangkan ibu kami, Warni, hanya seorang ibu rumah tangga. Adik saya tersebut belum menikah. Kami dari keluarga nelayan," kata Redi.

Baca Juga: Pengamanan Nataru, Polri Antisipasi Serangan KKB dan Terorisme 

2. Bupati Simeulue Erli Hasim menyampaikan duka cita

Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB di Papua Akan Dipulangkan ke AcehIlustrasi Duka Cita (IDN Times/Arief Rahmat)

Bupati Simeulue Erli Hasim menyampaikan duka cita atas meninggalnya Anggota TNI asal Simeulue, Rahaldi. 

"Pemerintah daerah dan masyarakat Simeulue ikut berduka cita atas meninggalnya putra terbaik kami yang sedang melaksanakan tugas negara. Semoga Allah SWT memberikan pahala sebagai syuhada dan diterima di sisi Nya," kata Erli.

3. Dua Prajurit ditembak kelompok bersenjata di Suru Suru, Papua

Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB di Papua Akan Dipulangkan ke AcehTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sebelumnya, diketahui dua orang prajurit satgas teritorial yang sedang bertugas di Koramil Persiapan Suru-suru, Kodim 1715/Yahukimo, Papua, ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Jumat (3/12/21).

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Ignatius Yogo Triyono mengatakan,  kedua prajurit yang berasal dari Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh itu tertembak saat mengambil air di penampungan yang berjarak sekitar 15 meter di belakang pos Koramil Suru Suru, Timika, Papua.

Keduanya ditembak dari perbukitan, mengakibatkan Sersan Dua Putra Rahaldi tertembak di bagian dada dan tewas ditempat, sedangkan rekannya, Prajurit Kepala Suheri, terkena di bagian pantat.

"Mereka ditembak saat mengambil air yang jarak antara tempat penampungan air dengan pos dekat," kata Triyono, seraya mengaku anggota sempat mengejar kelompok bersenjata itu, namun mereka sudah menghilang ke dalam hutan.

Baca Juga: Polres Yahukimo Serahkan 20 Tersangka, 2 di Antaranya Anggota KKB

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya