Comscore Tracker

Tahun 2022 Akan Tiba, Ini Bacaan Doa Awal Tahun dan Artinya

Bacaan doa awal tahun dibaca 3 kali selepas salat magrib

Jakarta. IDN Times - Dalam Islam, umat muslim tidak merayakan tahun baru selain tahun baru Islam. Karena itu, pada pergantian tahun 2021 ke tahun 2022, setiap umat muslim dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT, agar selalu diberikan anugerah dan kenikmatan pada tahun baru. 

Selain itu, setiap umat muslim juga dianjurkan untuk berpuasa dan melaksanakan salat sunah dalam rangka menyambut tahun baru.

Dikutip dari laman resmi nu.or.id, berikut doa awal tahun baru yang dapat diamalkan untuk meningkatkan amal kebajikan dan juga ketaqwaan kepada Allah SWT.

Baca Juga: Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

1. Doa yang umum dibaca untuk menyambut tahun baru

Tahun 2022 Akan Tiba, Ini Bacaan Doa Awal Tahun dan ArtinyaIlustrasi berdoa (IDN Times/Mardya Shakti)

Berikut adalah doa yang umum dibaca oleh umat muslim untuk menyambut awal tahun baru.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm. 

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu, wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.” 

2. Doa awal tahun dalam kitab Al-Fathul wad Durrut Tsamin

Tahun 2022 Akan Tiba, Ini Bacaan Doa Awal Tahun dan ArtinyaIlustrasi Berdoa. (IDN Times/Aditya Pratama)

Berikut adalah bacaan doa awal tahun yang terkandung dalam kitab Al-Fathul wad Durrut Tsamin karya Syekh Abdullah bin Muhammad Al-Khayyath Al-Harusyi (1175 H). 

  اَللهم أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْإِلَهُ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْعَمِيْمِ الْمُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ ، وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالْأَعْمَالِ، وَالْاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ. أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَأَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَأَسْتَكْفِيكَ مُؤْنَتَهَا وَشُغْلَهَا فِي عَافِيَةٍ بِرَحمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيمَا   

Artinya: “Ya Allah, Engkau Zat Yang Maha Abadi, Yang Menjadi Tuhan, Yang Maha Qadim, Yang Maha Awal. Sesuatu yang menjadi andalan manusia hanyalah anugerah-Mu yang agung dan kemurahan-Mu yang mulia. Ini tahun baru telah tiba. Di dalamnya Aku memohon penjagaan kepada-Mu dari setan dan kekasih-kekasihnya, memohon pertolongan atas nafsu amarah yang memerintahkan keburukan dan berbagai amal jelek, dan memohon tersibukkan diri dengan aktivitas yang dapat lebih mendekatkan diriku kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya. Wahai Zat Yang Maha Agung dan Maha Mulia, aku memohon kepadamu dari baiknya tahun ini, memohon perlindungan-Mu dari buruknya tahun ini. Aku memohon kecukupan dari biayanya dan kesibukannya dalam kesehatan dengan rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih dari sekian kekasih. Semoga Allah melimpahkan salawat dan keselamatan yang sempurna kepada Sayyidina Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya.” 

3. Keutamaan membaca doa awal tahun

Tahun 2022 Akan Tiba, Ini Bacaan Doa Awal Tahun dan ArtinyaIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Doa Awal tahun dibaca sebanyak tiga kali selepas salat maghrib dan dibarengi dengan membaca basmalah, juga memperbanyak salawat. 

Adapun keutamaan doa awal tahun yang dibacakan, yakni berharap kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan anugerah rahmat, perlindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karier, wafat husnul khatimah, dan berbagai kebaikan lainnya pada tahun yang baru.

Itulah bacaan doa awal tahun yang memiliki banyak manfaat serta keutamaan, agar di tahun yang baru nanti kita mendapat ampunan dan selalu  dirahmati oleh Allah SWT. 

Baca Juga: Baca Doa Ini Setelah Membaca Surat Al Waqiah

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya