73 Tahun Merdeka, Soekarwo Klaim Jatim Makin Sejahtera

Warga Jatim sepakat?

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jatim Soekarwo menyebut kalau Jawa Timur mengalami pertumbuhan pesat selama 73 tahun merdeka. Menurutnya sandang, pangan dan papan masyarakat Jatim sudah bagus. Hal itu dia sampaikan usai melaksanakan upacara detik-detik proklamasi di Gedung Negara Grahadi.

1. Jatim sudah pangkas masalah tempat tinggal

73 Tahun Merdeka, Soekarwo Klaim Jatim Makin SejahteraIDN Times/Fitria Madia

Soekarwo mengatakan secara kuantitatif, Jatim alami kemajuan pesat. Dari segi kekurangan rumah dia menilai semakin kecil yakni dari 1 juta ke 500 ribu. Sementara 284 ribu rumah tidak layak huni sudah dibanahi sekitar 118 ribu yang layak huni. "Sisanta terus berjalan jadi perumahan," ujarnya, Jumat (17/8).

2. Jatim disebut gudangnya pangan

73 Tahun Merdeka, Soekarwo Klaim Jatim Makin SejahteraIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sedangkan untuk pangan, Pakde Karwo mengatakan Jatim menjadi gudangnya pangan. Tapi dia memberi catatan selain bawang putih dan kedelai. "Selain itu, Jatim sudah menghidupi 15 provinsi lainnya, untuk pendapatan juga naik 200 persen lebih" kata Gubernur dua periode ini.

Baca Juga: Mars Jatim Ciptaan Soekarwo Meriahkan Upacara HUT RI ke-73

3. Gubernur nilai pakaian masyarakat Jatim sudah bagus-bagus

73 Tahun Merdeka, Soekarwo Klaim Jatim Makin SejahteraIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara terkait sandang, Pakde melihat pakaian masyarakat Jatim sudah bagus-bagus. Dia pun saat ini masih menyoroti soal pembangunan. Menurutnya harus bisa mengurangi kemiskinan, pengangguran dan disparitas. "Jangan sampai pertumbuhan (ekonomi) tinggi tapi disparitas tidak berkurang. Masyrakat Jatim ini pejuang yang luar biasa. Ekonomi perempuan tumbuh luar biasa melalui UMKM yang didominasi bidang argo," pungkasnya

Baca Juga: Usai Upacara, Veteran Protes Penggantian Nama Jalan pada Soekarwo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya