Comscore Tracker

Positif COVID-19, Adik Pedangdut Via Vallen Sempat Jalan-Jalan ke Mal

Adik Via Vallen tidak mengalami gejala virus corona

Sidoarjo, IDN Times - Adik pedangdut Via Vallen berinisial RF dinyatakan positif virus corona atau COVID-19. Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Achmad Zaini mengatakan, adik Via terinfeksi virus corona sejak 6 Mei lalu.

"Declare (positif COVID-19) sudah lama sejak 6 Mei," ujar dia ketika dihubungi IDN Times, Senin (25/5) malam.

1. RF minta menjalani isolasi mandiri di rumah

Positif COVID-19, Adik Pedangdut Via Vallen Sempat Jalan-Jalan ke MalPasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Via Vallen melalui akun Instagramnya mengabarkan perihal kasus adiknya. Sebelum tahu sang adik terinfeksi COVID-19, Via bersama keluarganya memeriksakan RF yang sedang sakit. Hasil rontgen menyatakan ada pneumonia di salah satu paru-parunya.

Lantaran khawatir sang adik terpapar virus corona, Via bersama keluarga berinsiatif menjalani rapid test dan hasilnya semua nonreaktif. Tak yakin dengan hasil itu, Via meminta adiknya tes swab dan hasil PCR keluar 10 hari kemudian, yang menyatakan RF positif COVID-19.

Zaini berharap adik Via Vallen disiplin tak keluar rumah selama menjalani karantina mandiri. "Setelah declare positif (minta) isolasi mandiri. Harusnya kalau isolasi mandiri betul-betul disiplin. Tidak boleh keluar, kalau keluar menyebarkan ke yang lain," kata dia.

Baca Juga: Buat Disinfektan hingga Bagikan Bantuan, 5 Aksi Via Vallen saat Corona

2. RF sempat keluar rumah karena tidak merasakan gejala virus corona

Positif COVID-19, Adik Pedangdut Via Vallen Sempat Jalan-Jalan ke MalIlustrasi rapid test (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Namun sebelum hasil tes swab keluar, RF beberapa kali masih sering keluar rumah, bahkan bepergian ke mal, karena kondisinya masih prima dan tidak ada gejala COVID-19 sebelumnya.

"Mungkin dia punya imunitas bagus sehingga gejala COVID-19 tidak tampak, artinya dia adalah kategori OTG," ucap Zaini.

3. Sebut sudah tracing dan awasi ketat RF

Positif COVID-19, Adik Pedangdut Via Vallen Sempat Jalan-Jalan ke MalIDN Times, ilustrasi virus corona

Zaini menyebut Dinas Kesehatan Sidoarjo sudah melacak ke tetangga Via di kawasan Tanggulangin, sebab pihaknya khawatir ada penularan sampai tiga tahap hingga menjadi klaster. Selain itu, pihaknya juga mengawasi RF yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Kepala desa, Babinsa dan Babinkamtibmas mengawasi dia setiap harinya, termasuk petugas Puskesmas Tanggulangin," kata dia.

"(Imbauannya) harus disiplin tidak keluar rumah, kalau keluar rumah kasihan masyarakat sekitarnya," dia menambahkan.

Baca Juga: Awas! Jika Nekat Mudik, ASN di Jatim Siap-siap Turun Pangkat!

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya