Antisipasi Banjir, Surabaya Akan Bangun Tanggul Sepanjang 14 Km

Buat melengkapi rumah pompa nih.

Surabaya, IDN Times - Untuk menanggulangi banjir, Pemerintah Kota Surabaya berencana membangun tanggul. Pembangunan ini melengkapi keberadaan pintu air dan 56 rumah pompa yang sudah ada. Hal itu tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang). 

1. Tanggul akan dibangun di Surabaya Barat

Antisipasi Banjir, Surabaya Akan Bangun Tanggul Sepanjang 14 KmIDN Times/Rudy Bastam

Risma mengatakan, tanggul ini nantinya akan dibangun berdekatan dengan area rumah susun Romokalisari. "Jadi kita memang udah buat tanggul saat ini panjangnya sudah sekitar 6 kilometer. Kita harus bangun kurang lebih 14 kilometer," ujarnya saat ditemui di Balai Kota, Selasa (27/3). Tahun ini sendiri direncanakan akan dibangun sepanjang 4 kilometer dengan anggaran Rp 7,7 miliar.

2. Tanggul dibuat secara swakelola

Antisipasi Banjir, Surabaya Akan Bangun Tanggul Sepanjang 14 KmIDN Times/Rudy Bastam

Risma menambahkan, tanggul tersebut dibangun secara keseluruhan oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya alias swakelola. "Maksudnya bukan kontrak, tapi teman-teman PU ngerjakan sendiri," kata Risma.

Baca juga: Bersih-bersih Pasar, Risma Bongkar "Kerajaan" Kecoa dan Tikus

3. Pemkot juga akan bangun rumah pompa tambahan

Antisipasi Banjir, Surabaya Akan Bangun Tanggul Sepanjang 14 KmIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, selain tanggul, Risma menyampaikan bahwa Pemkot masih punya pekerjaan rumah lain, yaitu membangun tambahan rumah pompa. "Karena gak ada gunanya tanggul kalau air masih bisa masuk dari sungai. Begitu air pasang maka kita gak bisa lagi menghindari itu maka kita harus pasang rumah pompa. Pintu air dan rumah pompa lebih tepatnya," jelas Risma.

Risma mengklaim, saat ini genangan yang ada di Surabaya saat hujan deras bisa surut dalam waktu satu jam. "Kita bisa saja cepet, tapi cost nya lebih besar. Ya warga tolong sabar lah. Tapi sebetulnya kita relatif aman kalau dibanding daerah lain yang setipe," ungkap Risma.

Baca juga: Volume Banjir Surabaya Menyusut, Risma Beberkan Rahasianya

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya