Baru 53 persen, Tol Pandaan-Malang Siap Beroperasi

Buat kamu yang mau liburan ke Malang, nih

Surabaya, IDN Times - Pengelola tol, PT Jasa Marga memastikan pada musim mudik lebaran 2018, ruas tol Pandaan-Malang dapat digunakan. Meski masih berstatus fungsional alias belum bisa beroperasi penuh, tol ini diharapkan mampu mengurai kemacetan di Pandaan. Kepastian tol fungsional Pandaan-Malang beroperasi dikatakan langsung oleh General Manager Jasa Marga Cabang Pandaan, Suhairi saat ditemui di Surabaya, Rabu (6/6).

1. Pengerjaan baru 53 persen

Baru 53 persen, Tol Pandaan-Malang Siap BeroperasiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Suhairi mengatakan sebenarnya tol fungsional ini merupakan jalur darurat. Karena dari progres pengerjaan kontruksi baru 53 persen selesai. "Tapi lebaran kni diminta bisa mengurai kepadatan lalu lintas. Maka dari itu dibuatjan jalur fungsional," kata Suhairi di depan para awak media.

2. Hanya akan beroperasi 06.00-17.00 WIB

Baru 53 persen, Tol Pandaan-Malang Siap BeroperasiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Suhairi menambahkan, untuk operasional tol fungsional ini nantinya hanya akan dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB saja. Mengingat, kondisi jalan yang masih rigid oavement dan lean concrete 10 cm. "Belum terpasang lampu PJU, guardrail, marka perambuan permanen. Makanya malam tidak dibuka," terang Suhairi.

3. Memiliki rute 38 km dengan satu jalur

Baru 53 persen, Tol Pandaan-Malang Siap BeroperasiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, Suhairi menerangkan kalau panjang Jalan Tol Fungsional Pandaan-Malang ini 38 kilometer. Jika dari arah Surabaya, tol fungsional akan menyambung dari gerbang tol Pandaan menuju Purwodadi sejauh 15 kilometer. Selanjutnya ke Lawang 8 kilometer, ke Singosari 7 kilometer, ke Pakis 5 kilometer dan ke Malang 3 kilometer. "Memiliki satu jalur untuk dua lajur kendaraan," pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya