Berkat Rekam Biometrik, Proses Imigrasi Jemaah Haji Lebih Cepat

Biasanya mereka harus menunggu 6-7 jam di Madinah

Surabaya, IDN Times - Menteri Agama, Lukman Hakim Sayifudin mengapresiasi penuh adanya rekam biometrik di asrama haji Surabaya. Alat ini nantinya akan membantu menyederhanakan proses imigrasi jamaah haji pada saat sampai di tanah suci. Menurut Lukman, biometrik sebagai inovasi yang luar biasa sehingga harus dikembangkan ke depannya.

Rekam biometerik sendiri merupakan proses pencatatan secara digital. Beberapa yang direkam dalam tahapan ini antara lain, sidik jari, wajah, telapak tangan, retina dan beberapa bagian tubuh lain melalui kamera pemindai.

1. Memangkas waktu antre para jamaah di Bandara Jeddah dan Madinah

Berkat Rekam Biometrik, Proses Imigrasi Jemaah Haji Lebih CepatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lukman menuturkan bahwa sebelum adanya biometrik, jemaah haji Indonesia harus antre sekitar 6-7 jam. Hal itu terjadi saat sampai di Bandara Madinah maupun Jeddah karena proses imigrasi. "Tahun ini bisa kita sederhanakan, hampir sebagian besar dilaksanakan di tanah air khususnya di asrama haji," kata Lukman.

2. Proses imigrasi di embarkasi Surabaya dan Jakarta bisa rampung di tanah air

Berkat Rekam Biometrik, Proses Imigrasi Jemaah Haji Lebih CepatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Menurut Lukman, berbagai inovasi yang dilakukan penyelenggara membuat semuanya proses imigrasi bisa rampung di tanah air. Proses ini bisa terjadi di embarkasi Surabaya dan Jakarta. "Khusus bagi jamaah haji yang berangkat dari Bandara Juanda dan Bandara Soekarno Hatta seluruh proses dilakukan di tanah air. Setelah tiba di bandara sana tidak ada proses imigrasi," ujarnya.

3. Jemaah bisa langsung masuk ke bus

Berkat Rekam Biometrik, Proses Imigrasi Jemaah Haji Lebih CepatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Karena tidak ada lagi proses imigrasi ketika sampai di Bandara Jeddah maupun Madinah, para jamaah bisa langsung mendapatkan fasilitas di sana. Lukman menyebut, langkah ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia. "Sehingga sampai bisa turun pesawat ke bandara langsung ke bus tanpa mengantre," pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya