Comscore Tracker

Kasus Kekerasan Wartawan Tempo, Nurhadi Jalani Pemeriksaan Polda Jatim

Polda Jatim juga siap periksa empat oknum polisi

Surabaya, IDN Times - Kasus dugaan kekerasan pada jurnalis koresponden Tempo, Nurhadi terus berlanjut. Polda Jawa Timur akan menindaklanjuti kasus ini.

Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta mengaku prihatin dengan kejadian itu, dan siap menindaklanjuti laporan yang telah dibuat di Polda Jatim pada Minggu, 28 Maret 2021.

"Kami menindaklanjuti dengan membentuk tim khusus untuk menuntaskan kasus yang telah terjadi," ujar Nico, Selasa (30/3/2021).

Baca Juga: Polda Jatim Usut Peristiwa Kekerasan Terhadap Wartawan Tempo 

1. Polda sudah olah tempat kejadian perkara dan memeriksa saksi

Kasus Kekerasan Wartawan Tempo, Nurhadi Jalani Pemeriksaan Polda JatimKoresponden Tempo, Nurhadi (kanan) usai melapor ke SPKT Polda Jatim, Minggu (28/3/2021). Dok. IDN Times/bt

Nico mengatakan Polda Jatim telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada prarekonstruksi, Senin, 29 Maret 2021. Penyidik juga sudah mulai memeriksa saksi korban, Nurhadi, didampingi kuasa hukumnya, hari ini.

"Lalu kami akan menindaklanjuti dengan memeriksa saksi-saksi yang akan diajukan dan tentunya kami juga berkomunikasi dengan instansi supaya proses ini bisa berjalan dan selesai," kata dia.

2. Terlapor juga segera diperiksa

Kasus Kekerasan Wartawan Tempo, Nurhadi Jalani Pemeriksaan Polda JatimReka adegan ketika korban, Nurhadi, masuk ke dalam gedung, Senin (29/3/2021). Dok. Ist

Nico juga memastikan Ditreskrimum Polda Jatim akan memanggil dan memeriksa terlapor yang diketahui ada empat orang yang diduga oknum polisi.

Tak sampai di situ, jika dalam keterangan Nurhadi ada nama-nama baru yang disebut juga akan diperiksa.

"Nanti beberapa yang disebutkan saudara Nurhadi akan kita periksa sehingga membuat jelas, membuat terang konstruksi hukum yang sedang dibangun tim penyidik," ucapnya.

3. Polda Jatim berjanji selidiki kasus secara transparan

Kasus Kekerasan Wartawan Tempo, Nurhadi Jalani Pemeriksaan Polda JatimKorban, Nurhadi saat prarekonstruksi, Senin (29/3/2021). Dok. Ist

Jenderal bintang dua ini berjanji akan melakukan penyelidikan kasus ini secara transparan. Nico juga mengajak media untuk mengawal kasus sampai tuntas serta mengimbau kepada seluruh jajarannya tetap berkomunikasi dengan baik dengan jurnalis, sehingga terjadi sinergitas.

"Mari kita semua sama-sama menjaga keamanan di Jawa Timur sehingga setiap kegiatan rekan wartawan, dan rekan kepolisian bisa saling sinergi satu sama lain," pungkasnya.

Baca Juga: Wartawan Tempo Dianiaya Saat Minta Konfirmasi Tersangka Kasus Pajak

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya