Comscore Tracker

Polda Jatim Tangkap Pendeta yang Diduga Mencabuli Anak di Bawah Umur

Pendeta HL telah menjadi tersangka pada Jumat, 6 Maret 2020

Surabaya, IDN Times - Ditreskrimum Polda Jawa Timur menangkap seorang pendeta di rumah temannya, kawasan Pondok Candra, Waru, Sidoarjo, Sabtu (7/3). 

Polisi menangkap pria berinisial HL (57) itu karena diduga mencabuli anak di bawah umur. "Penangkapan terlapor HL terkait dugaan perbuatan cabul anak di bawah umur di bawah pengawasan dia," ujar Direskrimum Polda Jatim, Kombes Pol R. Pitra Andrias Ratulangie, di Mapolda.

Baca Juga: Datang Bersamaan, Gisel dan Tyas Mirasih Penuhi Panggilan Polda Jatim

1. HL telah ditetapkan menjadi tersangka pada Jumat, 6 Maret 2020

Polda Jatim Tangkap Pendeta yang Diduga Mencabuli Anak di Bawah UmurPenangkapan pendeta yang diduga melakukan pelecehan terhadap jemaahnya. Dok.IDN Times/Istimewa

Polisi menangkap HL karena statusnya telah naik, dari terlapor menjadi tersangka sejak Jumat (6/3). Penetapan tersebut berdasarkan alat bukti, keterangan korban, saksi maupun tersangka.

"Sekarang statusnya tersangka, kita cukup bukti, ada kesesuaian (keterangan) saksi, korban, alat bukti dan tersangka," kata Pitra.

2. HL ditangkap karena akan ke luar negeri

Polda Jatim Tangkap Pendeta yang Diduga Mencabuli Anak di Bawah UmurPenangkapan pendeta yang diduga melakukan pencabulan. Dok.IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, penangkapan ini juga didasari dari informasi yang diterima polisi bahwa tersangka berencana akan ke luar negeri. Hal itu dikaitkan dengan adanya undangan ke luar negeri.

"Sehingga dapat info ini kami harus bertindak. Mengingat perkara ini dapat perhatian. Itu salah satu alasan kita lakukan penangkapan," ucap Pitra.

3. Bermula dari laporan korban, HL terancam dipenjara 15 tahun

Polda Jatim Tangkap Pendeta yang Diduga Mencabuli Anak di Bawah UmurIDN Times/Mia Amalia

Kasus ini berawal dari laporan korban berinisial IW ke Polda Jatim atas dugaan pencabulan terhadapnya oleh pendeta HL. Laporan itu diterbitkan Polda Jatim dengan Nomor Polisi LPB/ 155/ II/ 2020/ UM/ SPKT, pada Rabu (20/2).

Diketahui, IW diduga dicabuli HL saat berusia 10 tahun pada 2005. Tindakan bejat itu berlangsung kurang lebih enam tahun dan berakhir pada 2011.

Atas kasus itu, pendeta HL terancam Undang-Undang Perlindungan anak Pasal 82. "Ancaman penjara maksimal 15 tahun," kata Pitra.

Baca Juga: Lapor ke Polda, Perempuan Ini Mengaku Dicabuli Pendeta Selama 17 Tahun

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya