Distribusi Surat Suara Pilkada Jatim Kurang 12 Kabupaten/Kota

Sebanyak 20 juta lebih surat suara sudah terdistribusi ke 26 daerah

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) terus mengoptimalkan sisa waktu jelang pemungutuan Pilkada Jatim 2018. Terbukti, pendistribusian surat suara terus dilakukan hingga sampai sekarang. "Target surat suara yang terdistribusi pada periode ini sebanyak 30.943.732 lembar. Ini jumlah surat suara sudah ditambah 2,5 persen per TPS," ujar Komisioner KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta, Senin (28/5).

1. Sebanyak 20.725.585 sudah terkirim ke 26 kabupaten/kota

Distribusi Surat Suara Pilkada Jatim Kurang 12 Kabupaten/KotaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Shinta mengatakan, surat suara telah didistribusikan sejak 15-30 Mei 2018. Saat ini yang sudah terdistribusi sebesar 66 persen dari jumlah total. "Iya terkirim 20.725.585 surat suara. Itu tepatnya sudah 6 kabupaten/kota di Jawa Timur, sementara yang belum 10.218.147 lembar 34 persen, ada 12 kabupaten/kota di antaranya, Kabupaten/kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Nganjuk," kata komisioner yang akrab dipanggil Sisin ini.

2. Untuk kepulauan, target sampai ke kecamatan maksimal satu minggu sebelum pemungutan suara

Distribusi Surat Suara Pilkada Jatim Kurang 12 Kabupaten/KotaIDN Times/Sukma Shakti

Terkait surat suara di daerah kepulaun, seperti Bawean Gresik dan beberapa pulau di Kabupaten Sumenep, Sisin menyatakan sekarang posisi surat suara sudah masing-masing kabupaten. "Saat ini sedang dilipat, lalu dipacking disegel di kotak suara terus dikirim. Paling lambat satu minggu sebelum pemilihan sudah sampai di masing masing kecamatan sana," katanya

3. Tinta sudah didistribusikan ke 21 kabupaten/kota, formulir dan hologram baru naik cetak

Distribusi Surat Suara Pilkada Jatim Kurang 12 Kabupaten/KotaIDN Times/Sukma Shakti

Sedangkan untuk pengadaan logistik lain, Sisin mengatakan distribusi tinta sudah ke 21 kabupaten/kota. Sementara untuk formulir dan hologram baru naik cetak. "Kalau perlengkalan TPS seperti alat coblos pengadaan di kabupaten/kota," pungkasnya.

 

Baca juga: Sempat Protes, Kedua Paslon Setujui Desain Surat Suara Pilkada Jatim



Topik:

Berita Terkini Lainnya