Comscore Tracker

OTT KPK Perdana di 2020, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Ikut Diperiksa

Saiful ikut diboyong ke Jakarta untuk diperiksa lebih lanjut

Surabaya, IDN Times - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah terlihat di dalam rombongan orang yang ikut diamankan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa malm (7/1). Saiful dan belasan orang sempat dibawa ke Subdit III TIpidkor Mapolda Jawa Timur untuk dilakukan pemeriksaan awal. 

Dari pantauan IDN Times, terlihat ada empat orang penyidik komisi antirasuah tiba di Mapolda Jatim dengan menggunakan mobil Toyota Avanza berwarna putih sekitar pukul 01:30 WIB pada Rabu dini hari. 

Terlihat para penyidik yang terdiri dari tiga laki-laki dan satu perempuan membawa dua tas yang diduga berisi barang bukti. Tak hanya itu, salah seorang penyidik juga membawa satu map berisi dokumen. Keempatnya tidak memberikan komentar banyak.

"Nanti dulu ya," kata salah seorang penyidik kepada awak media.

Pemeriksaan terhadap orang nomor satu di Sidoarjo ini pun sempat dibenarkan oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

"Saat ini, KPK kerja sama dengan Polda Jatim. Untuk pemeriksaan awal dilaksanakan di Polda Jatim," ucap Firli seperti dilansir dari kantor berita Antara pada Selasa malam kemarin.

Sebelumnya diberitakan, komisi antirasuah melakukan OTT perdana pada Selasa malam kemarin. OTT tersebut seolah menjadi jawaban bagi publik yang selama ini meragukan kepemimpinan Firli dan diberlakukannya UU baru nomor 19 tahun 2019. Sesuai dengan aturan, sebelum digelar OTT, maka dilakukan penyelidikan secara tertutup atau penyadapan. 

Di bawah UU baru, maka aktivitas penyadapan harus mendapatkan izin dari Dewan Pengawas. Ikuti terus pemberitaan mengenai OTT KPK pertama di tahun 2020 hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: Firli Bahuri Bantah Terima Tawaran Suap Saat Masih Jadi Kapolda Sumsel

Topic:

Berita Terkini Lainnya