H-4 dan H-2 Jadi Puncak Arus Mudik di Tanjung Perak

Pemudik didominasi dari Kalimantan

Surabaya, IDN Times - H-4 lebaran Idul Fitri 2018, arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak semakin menggeliat. Meski puncak arus mudik masih susah diprediksi, pihak pelabuhan menyebut bahwa jumlah pemudik yang tiba di Surabaya akan naik signifikan. "Itu karena jadwal kapal yang datang juga banyak. Diprediksi hari ini lebih tinggi pemudiknya," ujar Humas Pelindo III Tanjumg Perak, Daddy Sumartono kepada IDN Times, Senin (11/6).

1. H-4 dan H-2 diprediksi jadi puncak arus mudik

H-4 dan H-2 Jadi Puncak Arus Mudik di Tanjung PerakIDN Times/Sukma Shakti

Daddy mengatakan, saat ini akumulasi penumpang turun dari H-15 hingga H-5 tercatat sebanyak 33.958 orang. Sementara penumpang yang naik sebanyak 7.370 orang. "Hari ini dan Rabu prediksinya juga tinggi arusnya, karena ada banyak kapal yang datang. Kemarin tertinggi itu pada H-7 ada yang turun 7.878 penumpang. Kalau kemarin 4.698 penumpang," terangnya.

2. Pemudik didominasi dari Kalimantan

H-4 dan H-2 Jadi Puncak Arus Mudik di Tanjung PerakIDN Times/Ardiansyah Fajar

Daddy menambahkan, untuk pemudik yang datang atau turun di Pelabuhan Tanjung Perak kebanyakan dari Kalimantan, yakni Balikpapan dan Banjarmasin. Sementara dari Sulawesi disumbang oleh Makassar. "Balikpapan itu sudah ada 7.288 penumpang, Makassar ada 7.097 penumpang dan Banjarmasin 5.184 penumpang. Itu yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak," tuturnya.

3. Prediksi tahun ini ada kenaikan 5 persen

H-4 dan H-2 Jadi Puncak Arus Mudik di Tanjung PerakDok IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Daddy menyampaikan pada musim mudik tahun ini di Pelabuhan Tanjung Perak akan mengalami kenaikan dari tahun lalu. Tercatat, data tahun lalu 76.274 penumpang yang turun. Sementara yang naik 11.593 penumpang. "Saya konfirmasi pihak operasional pelabuhan ada peningkatan 4-5 persen untuk tahun ini," pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya