Hadapi Lebaran RSUD Dr. Soetomo Sediakan Ratusan Dokter On Call

Salut buat pak dokter, lebaran tetap siap siaga 24 jam

Surabaya, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo sudah mematangkan persiapan jelang memasuki masa liburan, lebaran dan pasca lebaran. Melalui Direktur Utama (Dirut) dr. Harsono, pihaknya mengaku secara internal sudah sangat siap. "Baik tenaga kesehatan, dokter, perawat dan ambulans sudah siap," ujarnya saat di Ruang Bhakti Husada, RSUD Dr. Soetomo, Kamis (7/6).

1. Menyediakan sebanyak 246 dokter on call

Hadapi Lebaran RSUD Dr. Soetomo Sediakan Ratusan Dokter On CallIDN Times/Ardiansyah Fajar

Harsono menyebut sudah menyiapkan 246 dokter on call dari total 450 dokter yang dimiliki RSUD Dr. Soetomo pada tanggal 11-20 Juni. Menurutnya hal ini menjadi komitmen untuk melayani masyatakat setiap saat. "Bukan hanya jelang dan saat lebaran saja. Kita mesti harus kita waspada setelah lebaran, sudah tidak puasa tenaga kuat naik motor kenceng. Pola makan berubah banyak penyakit yang ada disitu, bagi penderita penyakit kronik diabet terjadi peningkatan. Setelah puasa tidak terkontrol," katanya.

2. IGD tetap buka 24 jam, rawat jalan tutup

Hadapi Lebaran RSUD Dr. Soetomo Sediakan Ratusan Dokter On CallIDN Times/Ardiansyah Fajar

Harsono menambahkan untuk pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Dr. Soetomo dipastikan tetap beroperasi 24 jam. Pasalnya, rumah sakit terbesar di Jawa Timur ini menjadi rujukan bagi rumah sakit daerah jika tidak bisa mengatasi. "Misal kondisi kecelakaan itu darurat tanpa rujukan bisa langsung ditangani. Tapi untuk rawat jalan sementara tutup," katanya kepada awak media.

3. Tren kecelakaan cenderung menurun

Hadapi Lebaran RSUD Dr. Soetomo Sediakan Ratusan Dokter On CallIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, Harsono menuturkan bahwa tingkat kecelakaan di Jatim cenderung menurun. Terbukti jumlah laka lantas di Idul Fitri 2017 ada sebanyak 14 kasus dan kecelakaan mercon hanya 7 kasus saja. Angka kecelakaan dan mercon turun. Terima kasih kepada kepolisian dan jajaran pemerintah daerah. Mudah-mudahan tahun ini begitu. IGD turun drastis," pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya