Jawa Timur Berangkatkan Tiga Kloter Pertama Jemaah Haji

Ada total 83 kloter dari Jawa Timur

Surabaya, IDN Times - Kementerian Agama Jawa Timur (Kemenag Jatim) akan memberangkatkan tiga kloter Calon Jemaah Haji, Selasa (17/7). Tiap kloter terdiri dari 450 jemaah. Sementara pada, Senin (16/7), para CJH sudah mulai memasuki asrama untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan masa karantina satu hari.

1. Tiga kloter dari Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi

Jawa Timur Berangkatkan Tiga Kloter Pertama Jemaah HajiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kepala Bidang Pelaksana Ibadah Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim, Faridul Ilmi mengatakan, pada kloter pertama ini mereka akan memberangkatkan tiga kloter dari Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. "Semua bergantian yang datang pagi ini Situbondo, sedangkan nanti malam pukul 21.00 WIB, Banyuwangi," ujarnya, Senin (16/7).

2. Total yang akan diberangkatkan 83 kloter

Jawa Timur Berangkatkan Tiga Kloter Pertama Jemaah HajiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sedangkan jumlah CJH yang akan berangkat tahun ini, lanjut Faridul, akan ada sebanyak 83 kloter. Jumlah itu sudah termasuk CJH dari Bali dan NTT. "Bali ada 1,5 kloter, NTT juga ada 1,5 kloter. Tiap kloter 450 orang. Kita gunakan Saudi Arabia Airline. Di Asrama ini akan ada proses 1x24 jam. Kalau ada yang sakit bisa mundur tahun depan, atau mundur ke kloter belakang dengan catatan ada tempatnya," jelasnya.

3. Paspor dan Visa yang tuntas sudah sebanyak 30 kloter

Jawa Timur Berangkatkan Tiga Kloter Pertama Jemaah HajiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Terkait paspor dan visa, Faridul menyampaikan prosesnya terus berlangsung. Ia menyebut pada Minggu (15/7), datang lagi 1.000 paspor dan visa. "Jumlah total yang datang 13.360 sekitar setara 30 kloter. Paspor yang sudah di-visakan. Saat ini sudah 30 kloter visa," kata Faridul.

4. Cuaca di Arab Saudi capai 45-50 derajat celcius

Jawa Timur Berangkatkan Tiga Kloter Pertama Jemaah HajiPixabay.com

Tak lupa, Faridul mengingatkan pada seluruh CJH terus menjaga kesehatan. Pasalnya, musim haji jatuh pada saat musim panas di Arab Saudi. "Insyaallah di sana musim panas. Juni-Agustus itu musimnya panas. Suhunya sekitar 45-50 derajat celcius. Kalau keluar bawa minum dan payung," pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya