Comscore Tracker

Kadinkes Surabaya: Ibu Risma Sakit Maag dan Asma

Masyarakat diminta mendoakan Risma supaya cepat sembuh

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, yang akrab disapa Risma, dirawat di Rumah Sakit sejak Selasa (25/6) kemarin. Saat dilarikan ke rumah sakit, Risma langsung masuk ruang ICU (Intensive Care Unit). 

Soal penyakit Risma, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya Rachmanita akhirnya buka suara. Buka-bukaan ini dilakukan di Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Rabu (26/6).

Baca Juga: 15 Dokter Dikerahkan untuk Tangani Risma

1. Sakit maag dan asma

Kadinkes Surabaya: Ibu Risma Sakit Maag dan AsmaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Fenny sapaan akrab Kadinkes menyebut, Risma mengalami sakit asam lambung alias maag dan asma. Namun, ia memastikan kondisi Risma sudah mulai stabil.

"Saat ini Ibu (Risma) kondisi cukup stabil. Memang berada di ruang ICU. Kondisinya sudah lebih baik. Ibu sakit maag dan asma," ujar Fenny.

2. Risma mengidap asma sejak muda

Kadinkes Surabaya: Ibu Risma Sakit Maag dan AsmaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Menurut Fenny, Risma mengidap asma sejak masih muda. Ia juga membeberkan kalau Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini harus dipindahkan dari RS Soewandi ke RSUD Dr Soetomo pada Selasa malam.

"Kalau asmanya itu sudah lama, Ibu harus dirujuk ke (RSUD) Dr Soetomo agar bisa dapat perawatan lebih baik, dokternya dan konsultannya lebih banyak, sehingga bisa diberikan pengobatan terbaik untuk Ibu Wali Kota," ujar Fenny.

3. Risma disebut alami kelelahan

Kadinkes Surabaya: Ibu Risma Sakit Maag dan AsmaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Terkait faktor yang menyebabkan kondisi kesehatan Risma menurun, Fenny menyebut ada faktor kelelahan. Karena diketahui, Wali Kota sarat prestasi ini baru pulang dinas luar negeri.

"Kondisi Ibu dari luar negeri kelelahan, tapi (sekarang kondisinya) lebih baik. Perawatannya lebih intensif, kan ICU. Bukan kritis tapi saat ini cukup stabil," kata Fenny.

Baca Juga: Kelelahan, Risma Dilarikan ke ICU

4. Tim dokter lakukan observasi dan minta doakan Risma lekas sembuh

Kadinkes Surabaya: Ibu Risma Sakit Maag dan AsmaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Meski memastikan stabil, Fenny mengakui jika tim dokter masih terus melakukan observasi terhadap kondisi kesehatan Risma. Tak lupa, ia meminta doa agar mantan Kepala Bappeko Surabaya ini lekas sembuh.

"Mohon doanya supaya Ibu bisa sembuh dan beraktivitas kembali seperti sedia kala. Kita masih observasi. Doakan secepatnya pulih. Observasi kita kabari lagi (hasilnya)," pungkas Fenny.

Baca Juga: Sakit Maag, Risma Dirujuk ke RSUD Dr Soetomo untuk Opname

Topic:

  • Sunariyah
  • Rochmanudin

Just For You