Kapolri Janji Naikkan Tunjangan Polisi

Biar kinerjanya meningkat

Surabaya, IDN Times - Kapolri Jenderal Tito Karnavian berjanji akan meningkatkan sarana dan prasarana anggota Polri. Hal tersebut dilakukan agar kinerja anggota juga bisa meningkat. "Yang pasti kesejahteraan, anggaran dan sarpras tidak baik, kinerja akan tidak baik," ujarnya saat menghadiri acara peresmian gedung pertemuan di Mapolda Jatim, Selasa (28/8).

1. Tunjangan pendapatan ditingkatkan

Kapolri Janji Naikkan Tunjangan PolisiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tito mengatakan kesejahteraan yang paling mendasar yaitu terkait gaji dan tunjangan. Menurutnya uang yang dibawa tiap bulan bisa mencukupi kebutuhan dasar yaitu sandang, pangan, dan papan. "Kita kejar tunjangan bukan gaji. Kenaikan tunjangan TNI dan Polri naik 70 persen, kenaikan satu, dua, tiga juta sangat berarti," katanya.

2. Tiap anggota Polri dapat BPJS

Kapolri Janji Naikkan Tunjangan PolisiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut Tito menyampaikan kebutuhan mendasar kedua yakni kesehatan. Maka dari itu, saat ini tiap anggotanya bisa menjadi peserta BPJS. "Yang sakit (anggota polisi) membawa kartu BPJS ke rumah sakit atau klinik rujukan bisa langsung berobat dimanapun juga," tambah pria dengan bintang empat di pundaknya ini.

Baca Juga: Bolehkan Polisi Membubarkan Deklarasi #2019GantiPresiden? 

3. Anggota Polri bisa mendapatkan rumah pribadi

Kapolri Janji Naikkan Tunjangan PolisiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tito juga menyoroti terkait tempat tinggal anggotanya. Setelah dia mengetahui ada anggotanya di Yogyakarta yang harus tidur di kandang kambing. Dia mengupayakan agar semua anggota polri bisa memiliki tempat tinggal layak. Karena berdasarkan data yang dimilikinya ada 14 persen dapat tempat tinggal dari dinas dan 40 persen rumah pribadi. Sementara sisanya masih tinggal di rumah kontrakan.

"Skema yang dapat dilakukan yaitu menggunakan DP Asabri tapi diturunkan. Lalu bisa mekanisme lain kerjasama DP 0 persen dengan bank, tinggal cari developer bagus, cari tanah lokasi. Tawarkan ke anggota terutama anggota baru. Saya sudah sampaikan Kapolda bisa kerjasama bagus akan kredit promosi, kalau tidak demosi," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Akan Usut Pencakar Bripda Agis

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya