Comscore Tracker

Keren, Bantaran Sungai Tambangboyo Disulap Jadi Warna-warni

Ini semua hasil swadaya masyarakat bantaran sungai lho!

Surabaya, IDN Times - Fenomena di kota besar identik dengan warga yang bertempat tinggal di bantaran-bantaran sungai. Seperti halnya terjadi di kawasan Sungai Tambangboyo, Tambaksari, Surabaya. 

Di sekitar sungai tersebut memang ada perkampungan padat penduduk. Meski demikian, para warga tak ingin sekitarnya terlihat kumuh.

1. Bantaran sungai di Tambangboyo kini berwarna-warni

Keren, Bantaran Sungai Tambangboyo Disulap Jadi Warna-warniIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Ketika IDN Times datang langsung ke lokasi, memang benar. Sekitaran Sungai Tambangboyo sudah berwarna-warni. Para warga telah menghiasnya dengan berbagai macam paduan cat. 

Kini, bantaran sungai terlihat lebih bersinar, tak lagi pudar maupun kumuh. Bantaran sungai Tambangboyo ini menjadi yang kedua sebelumnya kawasan Kapas Madya telah dicat sedemikian rupa.

2. Warga kerja bakti menghiasnya hingga larut malam selama satu bulan penuh

Keren, Bantaran Sungai Tambangboyo Disulap Jadi Warna-warniIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Tak hanya sekitaran sungai, jalan-jalan di kampung Tambangboyo juga dicat warna-warni. Tembok-tembok rumah warga tak luput dari hiasan agar terlihat lebih indah. Para warga mengaku menghiasnya selama satu bulan penuh. 

"Iya warga sini ngecat sampai malam ngejar satu bulan selesai, baik jalan sampai sungainya itu diwarna," ujar Camat Tambaksari Ridwan saat ditemui di lokasi, Minggu (2/9).

Baca Juga: Yuk, Piknik ke Kampung Warna Warni di Danau Sunter!

3. Cat untuk menghias bantaran sungai merupakan swadya dan dicarikan sponsor oleh kecamatan

Keren, Bantaran Sungai Tambangboyo Disulap Jadi Warna-warniIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Ridwan menambahkan, kegiatan seperti ini harus terus didukung. Maka dari itu, dia pun menyelenggarakan lomba menghias bantaran sungai. Dukungan tersebut juga diwujudkan dengan mencarikan warga sponsor untuk catnya 

"Catnya ini swadaya kita carikan sponsor, lalu kita lombakan di setiap RT. RW 9 ini punya 5 RT yang semuanya dilewati sungai, sehingga mereka bertanggung jawab untuk menghias sungai yang melewati kampung mereka," kata dia.

Gimana menurut kamu, keren gak kampung warna-warni di Surabaya ini?

Baca Juga: Mengintip Kampung Warna Warni Jelang Asian Games 2018

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya