KPAI Minta Pencetus Ide Pawai Anak TK Bawa 'Senjata' Diusut

Kostum tersebut dianggap menumbuhkan paham radikalisme

Surabaya, IDN Times - Publik baru-baru ini dibuat heboh dengan viralnya video acara karnaval di Kota Probolinggo. Sebab, karnaval yang melibatkan siswa TK Kartika V Kota Probolinggo ini menggunakan kostum yang dianggap kontorversial.

Sekelompok anak dalam pawai itu memakai cadar lengkap dengan menenteng replika senjata.

Menanggapi masalah itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta pihak sekolah diberi sanksi tegas.

Baca Juga: Siswi TK Bawa 'Senjata' Saat Pawai 17-an, Ini Alasannya

1. Kegiatan tidak ada izin dari kepolisian dan kostum inisiatif sekolah

KPAI Minta Pencetus Ide Pawai Anak TK Bawa 'Senjata' DiusutFacebook

Komisioner KPAI, Susianah Affandy mengaku telah berkoordinasi dengan Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal dan Dandim 0820 Probolinggo Letkol Kav Depri Rio Saransi. Hasilnya diketahui bahwa tidak ada pengajuan izin Dinas Pendidikan kepada kepolisian dalam penyelenggaraan kegiatan Pawai Budaya TK dan PAUD Se-Kota Probolinggo.

Terkait peserta karnaval TK Kartika V yang menggunakan atribut cadar dan replika senjata dinyatakan oleh pihak sekolah sebagai inisiatif spontan.

Pihak sekolah berdalih penggunaan cadar dan replika senjata karena barang-barang tersebut tersedia di gudang milik sekolah. Sehingga tidak perlu menyewa. Alasan lainnya penggunaan atribut cadar dan replika senjata karena karnaval TK Kartika mengusung tema 'Bersama Perjuangan Rasullullah, kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT'.

2. Meminta Kemenag lakukan pembinaan ke sekolah

KPAI Minta Pencetus Ide Pawai Anak TK Bawa 'Senjata' DiusutFacebook

KPAI pun meminta kepada pihak Kemenag memberikan pembinaan kepada pihak sekolah. Sebab, pemilihan itu tanpa koordinasi telah menggunakan atribut cadar dan replika senjata dalam kegiatan karnaval.

"Kemenag Kota Probolinggo agar melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah tentang ajaran Islam yang rahmatan lil 'alamiin," kata Susianah tertulis, Minggu (19/8).

Baca Juga: Pengamat Terorisme: Pawai Anak TK Probolinggo Jangan Dianggap Remeh

3. KPAI minta sekolah usut tuntas pencetus ide penggunaan atribut

KPAI Minta Pencetus Ide Pawai Anak TK Bawa 'Senjata' DiusutIDN Times/Margith Damanik

Lebih lanjut, KPAI juga meminta kepada pihak polisi terus mengusut pihak-pihak yang terlibat dalam inisiatif penggunaan atribut karnaval TK Kartika. Menurut Susianah kegiatan seperti ini tak bisa dibenarkan dengan alasan inisiatif yang spontan.

"Selanjutnya, KPAI akan memanggil pihak TK Kartika V Kota Probolinggo sebagai penyelenggara dan pihak yang bertanggung jawab dalam penggunaan atribut karnaval yang viral," kata dia.

Baca Juga: Pawai Anak TK "Bersenjata", KPAI: Jangan Buat Lucu-lucuan

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya