Mars Jatim Ciptaan Soekarwo Meriahkan Upacara HUT RI ke-73

Cocok nih duet sama Pak Beye

Surabaya, IDN Times - Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Gedung Negara Grahadi Jawa Timur (Jatim) tak hanya diperingati dengan upacara detik-detik proklamasi saja. Pada kesempatan ini, lagu berjudul Mars Jatim dikenalkan secara langsung dan dinyanyikan oleh tim paduan suara di tengah pelaksanaan upacara. Rupanya, lagu Mars Jatim merupakan ciptaan Gubernur Jatim Soekarwo.

1. Penciptaan dan aransemen kolaborasi antara Soekarwo dan istri

Mars Jatim Ciptaan Soekarwo Meriahkan Upacara HUT RI ke-73IDN Times/Ardiansyah Fajar

Soekarwo mengaku bahwa lagu Mars Jatim merupakan ciptaannya. Lantaran tak memiliki basic penyanyi, dalam prosesnya dia dibantu oleh sang istri Nina Kirana Soekarwo. "Saya bagian nulis lagunya. Karena tidak pandai nada satu dan dua, dibantu sama istri bagian aransemennya," ujarnya saat ditemui usai upacara, Jumat (17/8).

Baca Juga: Gara-gara Demokrat Jatim Dukung Jokowi, Soekarwo Dipanggil SBY

2. Masyarakat Jatim jadi inspirasi lagu Mars Jatim

Mars Jatim Ciptaan Soekarwo Meriahkan Upacara HUT RI ke-73IDN Times/Ardiansyah Fajar

Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo menyebut inspirasi dari lagunya yakni masyarakat Jatim. Maka sari itu, dalam liriknya tertulis kalau Jatim luar biasa. "Ini bagian dari jiwa karena lagu ini mencerminkan visi, mars itu visi basisnya tetap pancasila. Dan saya beri pemghargaan masyarakat Jatim pekerja yang luar biasa," jelasnya.

3. Proses pembuatannya selama 3 bulan

Mars Jatim Ciptaan Soekarwo Meriahkan Upacara HUT RI ke-73IDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, dalam penciptaan lagu Pakde mengaku membutuhkan waktu tiga bulan lamanya. Agar bisa dinyanyikan tiap tahun, dia berencana mengeluarkan Pergub. ""Tahun ini dibuatnya (lagu). Ya dibuat Pergub agar tiap tahun bisa dinyanyikan, karena ini pertama kali di Jatim. Masih ada satu hymne yang belum (jadi)," pungkasnya.

Baca Juga: Sempat Dukung Jokowi, Soekarwo Kini Pasrah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya