Usai Sertijab, Khofifah-Emil Langsung 'Tancap Gas' Bagi Tugas di Jatim

Khofifah langsung kunjungan kerja ke Pamekasan hari ini

Surabaya, IDN Times - Usai melakukan serah terima jabatan (sertijab) di Gedung DPRD Jatim, Senin (18/2), tampaknya Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak, tak ingin terlalu lama berpangku tangan. Keduanya langsung 'tancap gas' melaksanakan tugas masing-masing sebagai pemimpin daerah.

1. Langsung tancap gas berbagi tugas

Usai Sertijab, Khofifah-Emil Langsung 'Tancap Gas' Bagi Tugas di JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Usai sertijab, gubernur perempuan pertama Jatim ini langsung 'tancap gas'. Khofifah mengatakan dirinya segera bertolak ke Pamekasan. Sementara Emil, langsung ke Bojonegoro.

"Besok (Selasa 19 Februari) Insya Allah kami akan berbagi tugas, Pak Emil langsung turun ke Baperwil (Badan Perwakilan Wilayah) dulu Bakorwil Bojonegoro. Saya ke Baperwil Pamekasan," ujarnya.

2. Baperwil jadi bagian Millennial Job Center

Usai Sertijab, Khofifah-Emil Langsung 'Tancap Gas' Bagi Tugas di JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Khofifah mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan rapat sejak Rabu (13/2) usai dilantik, sampai Kamis (14/2) dini hari. Pada Jumat (15/2) berkoordinasi resmi di Baperprov Jatim.

"Kita akan mendekatkan Baperwil, Millennial Job Center akan dikoordinasikan dengan wagub. Baperwil akan menjadi sentra," jelasnya.

Baca Juga: Malu-Malu, Emil Dardak Minta Khofifah Doakan Ruang Kerjanya

3. Baperwil bisa jadi penguatan

Usai Sertijab, Khofifah-Emil Langsung 'Tancap Gas' Bagi Tugas di JatimIDN Times/Fitria Madia

Lebih lanjut, Khofifah menyebut kalau Jatim adalah satu-satunya provinsi yang diizinkan memiliki Baperwil oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Alasan dasarnya, Jatim memiliki beberapa rumpun. Seperti halnya arek, mataraman, madura hingga tapal kuda.

"Maka pendekatan kewilayahan menjadi penting untuk bisa mengukur sebetulnya keadilan akses keadilan layanan bisa dipastikan itu bisa kita penuhi. Maka penguatan Baperwil menjadi penting," ujar Khofifah.

4. Paparkan visi misi dan Nawa Bhakti Satya saat sertijab

Usai Sertijab, Khofifah-Emil Langsung 'Tancap Gas' Bagi Tugas di JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pada paripurna istimewa kemarin, Khofifah memaparkan visi misi lima tahun ke depan memimpin Jatim bersama Emil. Dia juga menyebut sembilan poin Nawa Bhakti Satya. Mulai dari Bhakti Jatim Sejahtera, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Kerja, Jatim Akses, Jatim Argo, Jatim Berkah, Jatim Berdaya, Jatim Amanah dan Jatim Harmoni.

Sertijab ini dihadiri mantan Gubernur Jatim, Soekarwo dan para pimpinan DPRD. Namun, mantan Wagub Jatim, Saifullah Yusuf tidak hadir.

Baca Juga: Sampah Popok Menumpuk di Sungai, Ini yang Dilakukan Khofifah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya