Comscore Tracker

5 Supercar Diduga Bodong di Jatim Akhirnya Diambil Pemiliknya

Ada sembilan supercar masih bermasalah

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur memastikan lima dari 14 supercar yang disita, telah diambil pemiliknya. Polisi mengizinkan lantaran dokumen mobil mewah tersebut dianggap lengkap.

Belasan supercar itu bagian dari ribuan mobil mewah yang sebelumnya disita Polda Jatim, karena diduga menunggak pajak hingga miliaran rupiah.

1. Lima pemilik supercar menunjukkan dokumen lengkap

5 Supercar Diduga Bodong di Jatim Akhirnya Diambil PemiliknyaKapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan di Mapolda Jatim, Kamis (18/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan lima pemilik supercar itu telah menunjukkan langsung dokumen mobil mewahnya. Mulai dari form A, pemberitahuan impor barang (PIB) dan fakturnya.

"Semua sudah lengkap, fakturnya sudah ada, keluar semua, jadi sisa sembilan," ujar Luki, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (9/12).

2. Sembilan supercar lainnya sudah diidentifiasi

5 Supercar Diduga Bodong di Jatim Akhirnya Diambil PemiliknyaKapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan (kiri) saat merilis kasus supercar bodong, Senin (16/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara, sembilan supercar lainnya juga telah diidentifikasi dokumennya. Identifikasi melibatkan bea cukai, pajak, direktorat lalu lintas dan direktorat kriminal khusus.

"Sudah diidentifikasi sembilan ini, ada tujuh yang menggunakan form A, dan dua menggunakan form B," kata Luki.

3. Form A akan dilacak dengan nomor mesin dan rangkanya

5 Supercar Diduga Bodong di Jatim Akhirnya Diambil PemiliknyaPemilik supercar, Marcos (55) mengambil mobilnya di Mapolda Jatim, Senin (16/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Meski tertera dokumen form A, Luki mengatakan, polisi masih akan melacak keasliannya. Caranya dengan mencocokkan form A dengan spesifikasi nomor mesin dan rangka supercar tersebut.

"Karena banyak sekali sekarang beredar form A yang palsu," ucap dia.

Baca Juga: Supercar Porsche Diambil Pemiliknya, Ternyata Sedang Proses Pengecatan

4. Pemilik dua Ferrari dengan form B terlacak di Kamboja dan Aljazair

5 Supercar Diduga Bodong di Jatim Akhirnya Diambil PemiliknyaDeretan supercar bodong yang diamankan Polda Jatim. IDN Times/Ardianysah Fajar

Terkait dua Ferrari yang mengantongi form B, masih berstatus kepemilikan konsulat Aljazair dan Kamboja.

"Karena di dalam form B itu sudah dijelaskan, tidak boleh dipindahtangankan dan ini ada dimiliki orang lain. Dan ini akan diproses lanjut, kita akan koordinasi dengan konsulat pemilik asal-usul ini. Karena dalam form B sudah jelas tidak boleh dipindahtangankan," kata Luki.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Lima Supercar Sudah Diidentifikasi, Diduga Kuat Bodong

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya