Marak Virus Corona, Kunjungan WNA Tiongkok ke Jatim Meningkat

Tapi belum ada yang dari Wuhan

Surabaya, IDN Times - Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kelas 1 Surabaya, Nanang Mustofa menyebut kunjungan Warga Negara Asing asal Tiongkok ke Jawa Timur pada Januari ini meningkat 10 persen. Padahal, saat ini marak penyebaran virus corona asal Kota Wuhan, Tiongkok.

1. WNA Tiongkok selama Januari tercatat 671 orang

Marak Virus Corona, Kunjungan WNA Tiongkok ke Jatim MeningkatPetugas melakukan pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020). ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Nanang merinci pada Januari 2020, ini ada sebanyak 671 WNA Tiongkok yang masuk ke Jatim. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan bulan lalu, Desember 2019. Yakni sebanyak 517 WNA Tiongkok yang masuk Jatim.

"Ada peningkatan kedatangan WNA China ke Indonesia. Rata-rata adalah wisatawan, tapi ada juga untuk bisnis," ujarnya, Kamis (30/1).

2. Imigrasi lakukan pengawasan khusus

Marak Virus Corona, Kunjungan WNA Tiongkok ke Jatim MeningkatIlustrasi virus Corona yang sudah menyebar ke 15 negara. (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk mengantisipasi virus corona, imigrasi pun melakukan pengawasan khusus. Hal ini tidak hanya berlaku bagi WNA Tiongkok, akan tetapi semua orang yang masuk dari penerbangan luar negeri.

"Kiita bekerja sama dengan tim kesehatan karantina. Kalau ada yang sekiranya dicurigai, mereka akan ditempatkan diruang khusus, isolasi, lalu kita bisa menolak kedatangan mereka," jelas Nanang.

Tak sampai di situ, tim intelejen dan tim pengawasan orang asing tetap melakukan pengawasan selanjutnya. Pihaknya secara intensif akan melakukan operasi lapangan mendatangi tempat-tempat yang diduga mencurigakan.

Baca Juga: Corona Meluas, Risma Beri Perhatian Khusus pada Pasar Unggas

3. Belum ada wisatawan asal Wuhan yang masuk

Marak Virus Corona, Kunjungan WNA Tiongkok ke Jatim MeningkatIlustrasi virus Corona (IDN Times/Mia Amalia)

Sementara terkait wisatawan asal Kota Wuhan Tiongkok apakah juga masuk ke Jatim, Nanang menegaskan tidak ada. "Tidak ada. Sejauh ini tidak ada dari Wuhan," tegasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono. Ia mengatakan, tidak hanya warga negara Tiongkon yang diawasi. Namun, semua warga negara asing yang datang ke Indonesia akan mendapatkan pengawasan secara ketat.

"Kita awasi semuanya, sebab virus ini kan sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia," tandasnya.

Baca Juga: Buruh Migran yang Dirawat di Sidoarjo Negatif Virus Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya