Comscore Tracker

Cemas Wabah Virus Corona, Jumlah WNA Tiongkok ke Jatim Justru Naik

Hingga saat ini belum ada wisatawan dari Wuhan

Surabaya, IDN Times - Heboh wabah virus corona ternyata tak mengurangi jumlah wisatawan asal Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia. 

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kelas 1 Surabaya, Nanang Mustofa menyebut, kunjungan warga Tiongkok ke Jawa Timur pada Januari ini meningkat 10 persen. 

Baca Juga: 35 Atlet Jatim Dipulangkan dari Tiongkok untuk Hindari Virus Corona

1. WNA Tiongkok selama Januari tercatat 671 orang

Cemas Wabah Virus Corona, Jumlah WNA Tiongkok ke Jatim Justru NaikPetugas melakukan pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020). ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Nanang merinci, pada Januari 2020, ada 671 WNA Tiongkok yang masuk ke Jawa Timur. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan bulan lalu, Desember 2019, yang hanya berjumlah 517 orang.

"Ada peningkatan kedatangan WNA China ke Indonesia. Rata-rata adalah wisatawan, tapi ada juga untuk bisnis," ujar Nanang, Kamis (30/1).

2. Imigrasi akan awasi khusus semua WNA yang masuk ke Indonesia

Cemas Wabah Virus Corona, Jumlah WNA Tiongkok ke Jatim Justru NaikIlustrasi virus Corona yang sudah menyebar ke 15 negara. (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk mengantisipasi virus corona, Imigrasi pun melakukan pengawasan khusus. Hal ini tidak hanya berlaku bagi WNA Tiongkok, tapi juga bagi semua orang yang masuk dari penerbangan luar negeri.

"Kita bekerja sama dengan tim kesehatan karantina. Kalau ada yang sekiranya dicurigai, mereka akan ditempatkan di ruang khusus, isolasi, lalu kita bisa menolak kedatangan mereka," jelas Nanang.

Tak sampai di situ, tim intelijen dan tim pengawasan orang asing tetap melakukan pengawasan selanjutnya. Pihaknya secara intensif akan melakukan operasi lapangan mendatangi tempat-tempat yang diduga mencurigakan.

Baca Juga: Corona Meluas, Risma Beri Perhatian Khusus pada Pasar Unggas

3. Belum ada wisatawan asal Wuhan yang masuk ke Jatim

Cemas Wabah Virus Corona, Jumlah WNA Tiongkok ke Jatim Justru NaikNomor hotline untuk dihubungi soal virus Corona. (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait wisatawan asal Kota Wuhan, Tiongkok apakah juga masuk ke Jatim, Nanang menegaskan, tidak ada. "Tidak ada. Sejauh ini tidak ada dari Wuhan," tegasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono. Ia mengatakan, tidak hanya warga negara Tiongkok yang diawasi. Namun, semua warga negara asing yang datang ke Indonesia akan mendapatkan pengawasan secara ketat.

"Kita awasi semuanya, sebab virus ini kan sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia," tandasnya.

Baca Juga: Buruh Migran yang Dirawat di Sidoarjo Negatif Virus Corona

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya