May Day, Begini Pengalihan Arus di Surabaya

Kalau gak perlu banget, mending di rumah aja deh.

Surabaya, IDN Times - Ribuan personel gabungan Polisi, TNI dan Satpol PP disiapkan untuk mengamankan aksi May Day 2018 atau Hari Buruh, Selasa (1/5). Wajar jika upaya itu dilakukan. Sebab, rencananya akan ada puluhan ribu buruh yang akan memenuhi lapangan kantor Gubernur Jatim. Selain itu, polisi juga akan melakukan pengalihan arus di beberapa jalan protokol.

1. Sebanyak 1.019 personel diturunkan saat May Day 2018

May Day, Begini Pengalihan Arus di SurabayaIDN Times/Rudy Bastam

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Barung Mangera mengatakan, untuk pengamanan May Day 2018 akan ada 1.019 personel. Rinciannya, 115 anggota TNI, 90 anggota Satpol PP, dan 470 personel darj jajaran Polda Jatim. Sedangkan sisanya yakni personel dari Polrestabes Surabaya. "Jadi total ada 1019 personel gabungan dari polisi, TNI dan Satpol PP," ujarnya.

2. Polrestabes turunkan petugas untuk alihkan arus lalin

May Day, Begini Pengalihan Arus di SurabayaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Satlantas Polrestabes Surabaya juga akan menurunkan sebanyak 188 personel yang terbagi di beberapa pos, mulai bundaran Waru hingga Basuki Rachmad.

Arus lalu lintas di seputaran Jalan Gubernur Suryo juga rencananya ditutup total, sedangkan pengendara dari Jalan Tunjungan menuju Jalan Gubernur Suryo dialihkan ke Jalan Embong Malang (LCC Lama) dan Genteng Besar. Sedangkan, pengendara dari Jalan Basuki Rachmad ke Jalan Gubernur Suryo diluruskan ke Jalan Embong Malang. Selain itu, arus lalu lintas dari Embong Wungu mengarah ke Gubernur Suryo melalui Taman Apsari dialihkan ke Jalan Embong Trengguli.

Pengalihan arus juga terjadi di seputaran Jalan Walikota Mustajab ke Gubernur Suryo melalui Jalan Simpang Dukuh dialihkan ke Jalan Genteng Kali. Pengendara dari Jalan Undaan Wetan menuju Jalan Ngemplak dialihkan ke Jalan Ambengan. Dari Jalan Genteng Kali menuju Jalan Ngemplak pengendara akan dilaihkan belok kiri ke Jalan Undaan Kulon atau Putat balik Undaan Wetan menuju Ambengan.

"Pengamanan juga dilakukan di Gedung Grahadi, Balaikota, Gubernur Jawa Timur, Kantor Gubernur DPRD Jatim, dan personel stand by di Grahadi," kata Kasat Lantas Polrestabes, AKBP Eva Guna Pan Pandia.

Baca juga: May Day, Ini Tuntutan Buruh di Surabaya

3. Kepolisian dan Dishub siapkan tempat parkir alternatif

May Day, Begini Pengalihan Arus di SurabayaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak hanya itu, pihak Kepolisian dan Dishub Pemkot Surabaya telah menyiapkan lokasi parkir bus atau roda empat. Lokasi antara lain di Jalan Gubernur sekitar 40 unit, Jalan Ketabang Kali sisi barat untuk sekitar 30 unit, di Jalan Yos Sudarso sisi kiri sekitar 20 unit, dan Jalan Embong Malang sisi kiri sekitar 50 unit.

Sedangkan lokasi parkir untuk roda dua berada di depan Bank Danamon Gubernur Suryo sekitar 200 unit di Jalan Gubernur Suryo sekitar 500 unit, di sekitar Taman Apsari 300 unit dan di Jalan Embong Wungu sekitar 100 unit.

Baca juga: Ini Pengalihan Lalu Lintas saat May Day di Jakarta

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya