Pantau Tanjung Perak, Menhub Perkirakan Ada 21 ribu Pemudik

Kemenhub siapkan kapal patroli hingga makanan untuk pemudik

Surabaya, IDN Times - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau langsung kesiapan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam menghadapi musim mudik lebaran tahun ini, Sabtu (9/6). Pasalnya, pada tahun lalu untuk rute perjalanan dari Surabaga menuju ke Masalembu sempat terjadi masalah. Ia pun meminta kepada pihak Pelabuhan Tanjung Perak agar bisa memberi keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik.

1. Menhub siapkan kapal latih, navigasi dan patroli

Pantau Tanjung Perak, Menhub Perkirakan Ada 21 ribu PemudikDok IDN Times/Istimewa

Budi berharap tahun ini tak ada lagi permasalahan mudik yang terjadi. Pihaknya pun telah menyiapkan dua kapal latih, satu kapal navigasi, dan dua kapal patroli. Kapal tersebut nantinya difungsikan untuk memantau dan menolong pada pemudik. "Tetapi saya juga minta syahbandar, nahkoda untuk tetap tertib jangan melampaui kapasitas," ujarnya disela-sela sidak.

2. Jumlah pemudik di Pelabuhan Tanjung Perak ditaksir capai 21 ribu

Pantau Tanjung Perak, Menhub Perkirakan Ada 21 ribu PemudikDok IDN Times/Istimewa

Selain itu Budi juga menyampaikan bahwa Dinas Perhubungan sudah menyiapkan tenda dan makanan. "Itu jaga-jaga kalau tidak bawa makanan. Disediakan juga 6 kapal perintis. Jumlah pemudik mencapai 14 ribu yang mudik gratis dari Perak. Kalau penumpang bisa mencapai 21 ribu," jelasnya.

3. Cuaca di penyeberangan Pelabuhan Tanjung Perak cerah 

Pantau Tanjung Perak, Menhub Perkirakan Ada 21 ribu PemudikDok IDN Times/Istimewa

Sementara terkait kondisi cuaca, Kemenhub memastikan dalam rentan puncak arus mudik hingga balik masih terpantau kondusif. Namun, pemudik dan para awak kapal tetap diimbau untuk selalu berhati-hati. "Kalau cuaca tidak ada kendala."

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya