Pasca Bom Bangil, Polisi bersama Pemprov Adakan Operasi KTP

Laporkan jika ada tetangga yang mencurigakan

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi, Polda bersama TNI menyatakan akan menyisir seluruh jaringan teroris di Jatim. Salah satu tindakan yang akan dilakukan setelah kejadian bom Bangil yakni dengan menggelar operasi KTP. Rencananya, operasi ini akan melibatkan pemerintah daerah kabupaten-kota se-Jatim.

1. Kapolda imbau warga segera lapor ke RT/RW jika ada tetangga yang mencurigakan

Pasca Bom Bangil, Polisi bersama Pemprov Adakan Operasi KTPIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan aparat sudah mengantisipasi dengan Babinsa, masyarakat sekitar dan Babinkamtibmas. Ada juga rencana penertiban operasi KTP. "Imbauan kita kepada masyarakat, warga semuanya kalau ada orang baru yang aneh, tertutup tamunya malam-malam tidak mau bergaul dengan sekitar laporkan ke Babinsa, Babinkamtibmas, kepala desa, tetangga RT/RW silahkan. Kami dengan pangdam dan tni bekerjasama," ujarnya, Jumat (6/7).

2. Gubernur minta masyarakat berperan dalam deteksi dan pencegahan dini

Pasca Bom Bangil, Polisi bersama Pemprov Adakan Operasi KTPIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo meminta kepada seluruh masyarakat Jatim jika ada tetangga baru, perilaku baru segera dilaporkan. Kewaspadaan harus ditingkatkan seperti di Bangil Pasuruan. "Deteksi dini, pencegahan dini masyarakat harus waspada terhadap lingkungannya. Tidak usah resah. Iya akan ada operasi KTP," tuturnya.

3. Pangdam V/Brawijaya tegaskan harus lakukan pengusaan wilayah

Pasca Bom Bangil, Polisi bersama Pemprov Adakan Operasi KTPIDN Times/Fitria Madia

Sedangkan Pangdam V/Brawijaya, Mayjend Arif Rahman menyatakan siao membantu Polda Jatim dalam rangka deteksi dini dengan babinsa dan babinkamtibmas. Ia menambahkan jajarannya di koramil akan lakukan cegah dini, deteksi dini agar tidak terjadi lagi aksi terorisme. "Sekarang babinsa dan babinkamtibmas sudah mendeteksi. Sudah mengawasi mantan napiter. Babinsa meningkatkan kewaspadaan. Pengusaan wilayahnya harus ditingkatkan," tegasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya