PDIP Klaim Demokrat Jatim Dukung Jokowi

Padahal Demokrat tengah gencar mempopulerkan AHY.

Surabaya, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengapresiasi dukungan Partai Demokrat Jatim kepada Joko 'Jokowi' Widodo sebagai calon presiden pada Pemilu 2019.

Partai berlambang banteng ini sangat senang karena kinerja pemerintahan Jokowi diapresiasi positif. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Ketua DPD PDIP Jatim saat dihubungi, Minggu (22/7).

“Kami senang, kinerja pemerintahan Presiden Jokowi diapresiasi positif oleh teman-teman partai lain, termasuk oleh kader-kader Partai Demokrat di Jawa Timur,” ujarnya.

1. Tak menyangka, padahal Demokrat tengah membesarkan nama AHY

PDIP Klaim Demokrat Jatim Dukung JokowiInstagram/@agusyudhono

Kusnadi mengaku tidak menyangka kader-kader Partai Demokrat Jatim akhirnya menyatakan dukungan pada Jokowi. Karena, partai politik besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu diketahui tengah membesarkan nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), putera sulung SBY.

“Terus terang kami kaget dengan hasil itu. Karena setahun terakhir ini, Partai Demokrat begitu gencar mempopulerkan AHY di Jatim. AHY sering sekali keliling Jatim. Ternyata sekarang mendukung Jokowi. Berarti penerimaan Presiden Jokowi sangat luas. Tentu kami berterima kasih,” kata Kusnadi.

Baca juga: AHY Jawab Kabar Tawaran Posisi Menteri di Kabinet Jokowi

2. DPD PDIP siapkan strategi menangkan Jokowi di Jatim

PDIP Klaim Demokrat Jatim Dukung JokowiANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari menambahkan, jajaran partainya telah menyiapkan strategi pemenangan yang memadukan antara gerak pemilihan legislatif dan pilpres pada Pemilu 2019.

“Kami sudah siapkan strategi-strategi dengan target memenangkan PDI Perjuangan dan Pak Jokowi di Jawa Timur,” ujar Sri Untari.

Baca juga: BMKG Prediksi Ombak 6 Meter Akan Terjang Pesisir Laut Indonesia

3. Dua nama mencuat, nama Jokowi ungguli Prabowo di Rakorda Demokrat Jatim

PDIP Klaim Demokrat Jatim Dukung JokowiANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Dalam rapat koordinasi daerah (Rakorda) di Surabaya, Sabtu (21/7) yang diikuti seluruh anggota Fraksi Demokrat di DPRD kabupaten/kota dan provinsi, 38 ketua DPC, dan 5 perwakilan DPD Demokrat Jawa Timur. Para kader partai berlambang mercy itu melakukan pemilihan untuk mengetahui arah dukungan Demokrat Jatim pada Pilpres 2019.

Dua nama yang dijadikan pilihan adalah Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

Melalui proses pemungutan suara, Joko Widodo meraih dukungan terbanyak dengan 152 suara. Sementara, Prabowo Subianto mengantongi 56 suara. Sebanyak 6 suara lainnya dinyatakan tidak sah. Nama AHY sendiri tidak masuk dalam pemungutan suara itu.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya