Pelaku Bom Bangil Memiliki Hubungan dengan Bomber Surabaya

Istri pelaku masih diperiksa

Surabaya, IDN Times - Pelaku Bom Pasuruan, Abdullah masih dalam pengejaran polisi. Dia melarikan diri setelah terjadi ledakan di kontrakannya di Desa Pogar Bangil Pasuruan, Kamis (5/7). Diduga kuat pelaku masih memiliki hubungan dengan bomber di tiga gereja Surabaya. Polisi sendiri sempat kesulitan mencari identitasnya karena 3 KTP yang dimilikinya palsu. Namun, sang istri, DR menyebut panggilan suaminya Abdullah.

1. Pelaku punya hubungan erat dengan jaringan bomber Surabaya

Pelaku Bom Bangil Memiliki Hubungan dengan Bomber SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan kalau pelaku bom Pasuruan memiliki hubungan erat dengan bomber Surabaya. Bahkan pelaku ini bersahabat dengan perampok di Medan dan kasus kriminal di kawasan Depok. "Nanti minta waktu untuk bisa ditangkap," ujarnya.

2. Pelaku sempat lemparkan bom bondet untuk menakuti warga

Pelaku Bom Bangil Memiliki Hubungan dengan Bomber SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Machfud menambahkan saat melarikan diri, pelaku sempat melempari warga yang mau menggerebeknya dengan bom. Sayangnya, bom yang dilempar hanya bondet dan ledakannya sebatas petasan saja. "Tidak ada isinya itu seperti petasan saja. Hanya nakutin saja, sempat terjadi 4 kali ledakan," jelasnya.

3. Istri pelaku masih diperiksa

Pelaku Bom Bangil Memiliki Hubungan dengan Bomber SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Pria dengan dua bintang di pundak ini juga menyampaikan untuk istri pelaku masih dalam proses pemeriksaan. Status istri juga belum ditetapkan sebagai tersangka. "Polisi masih ada waktu 7 hari. Kalau Undang-Undang baru 21 hari lagi menetapkan statusnya," pungkas Machfud. 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya