Penghargaan Lee Kwan Yew Sejajarkan Surabaya dengan Tokyo

Padahal sempat gagal pada tahun 2014

Surabaya, IDN Times - Raihan penghargaan Lee Kwan Yew yang diterima oleh Kota Surabaya merupakan hasil kerja keras. Pasalnya, Surabaya pernah masuk penjurian penghargaan pada tahun 2014. Namun, saat itu Surabaya gagal membawa penghargaan bergengsi tersebut. Empat tahun berselang, Kota berlambangkan Ikan Hiu dan Buaya itu akhirnya bisa menyabetnya.

1. Surabaya layak dapat penghargaan karena miliki kampung unik, tersruktur, tematik dan beragam

Penghargaan Lee Kwan Yew Sejajarkan Surabaya dengan TokyoDok IDN Times/Istimewa

Kepala Bagian (Kabag) Humas, M. Fikser mengatakan Pemkot Surabaya dinilai layak menerima penghargaan ini karena mampu menciptakan masyarakat perkotaan yang layak ditinggali. Selain itu bisa menjaga kampung serta meningkatkan perekonomian UMKM melalui program Kampung Unggulan dan Pahlawan Ekonomi. Pemkot Surabaya dinilai sebagai kota yang unik dan memiliki karakteristik yang berbeda dengan kota lain di dunia.

“Perkampungan yang ada di Surabaya dinilai unik dan memiliki struktur tematik yang beragam. Ditambah adanya pembenahan seperti saluran, paving, akses pelayananan Taman baca, lapangan olahraga, boarding learning center dan pelayanan kesehatan puskesmas yang tersedia di dalam kampung,” kata Fikser dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/7).

2. Penghargaan karena sinegitas dan kerja keras

Penghargaan Lee Kwan Yew Sejajarkan Surabaya dengan TokyoDok IDN Times/Istimewa

Fikser menambahkan, penghargaan dua tahun sekali ini merupakan sesuatu yang membanggakan bagi Kota Surabaya. Sebab, Kota Pahlawan akhirnya mampu memperoleh penghargaan ini berkat sinergitas seluruh stakeholder baik yang ada di lingkungan Pemkot maupun warga Surabaya. “Ini kerja keras seluruh stakeholder dan itu sudah dapat dibuktikan dengan nyata,” kata dia.

3. Surabaya sejajar dengan Kazan, Hamburg dan Tokyo

Penghargaan Lee Kwan Yew Sejajarkan Surabaya dengan Tokyotravelandleisure.com

Dengan adanya penghargaan ini, Surabaya dapat disejajarkan dengan negara-negara internasional lainnya seperti Kazan (Rusia), Hamburg (Jerman) dan Tokyo (Jepang) yang sama-sama menerima penghargaan Lee Kuan Yew tahun 2018 di Singapura.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya