Peringati Bulan Bung Karno, Puti Perkenalkan Program Jatim Sehat

Gus Ipul-Puti akan wujudkan rumah sakit tanpa tolak BPJS

Surabaya, IDN Times - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno menghadiri bakti sosial pengobatan gratis di Desa Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari, Mojokerto, hari ini.

Acara tersebut, digelar dalam rangkaian peringatan Juni sebagai Bulan Bung Karno. Total ada 500 warga yang hadir. Untuk tenaga medis, panitia menyediakan 20 dokter, perawat, dan apoteker.

1. Puti memperkenalkan program Jatim Sehat

Peringati Bulan Bung Karno, Puti Perkenalkan Program Jatim SehatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kehadiran Puti disambut antusias oleh warga. Cawagub pendamping Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu menyalami warga, sembari menanyakan kesehatan mereka.

”Gus Ipul dan saya sudah menyiapkan program Jatim Sehat, yang di dalamnya ada beberapa program turunan. Inti semuanya adalah meningkatkan derajat kesehatan warga,” kata Puti.

Di sela pengenalan program itu, seorang warga bertanya tentang masih adanya masyarakat miskin yang belum mempunyai kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

”Itu menjadi prioritas kami. Ada namanya Kartu Jatim Sehat. Pemerintah Provinsi yang nantinya meng-cover warga yang belum mempunyai BPJS. Kami akan tanggung preminya, bersinergi dengan kabupaten/kota. Kita wujudkan keberadaan rumah sakit tanpa tolak,” kata Puti, disambut tepuk tangan warga.

2. Pemerataan layanan kesehatan hingga desa jadi prioritas

Peringati Bulan Bung Karno, Puti Perkenalkan Program Jatim SehatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Puti mengatakan, program bidang kesehatan lainnya adalah memeratakan layanan kesehatan hingga ke desa-desa. Bersama Gus Ipul, Puti menyiapkan program pengiriman ribuan tenaga kesehatan ke desa-desa seluruh Jatim, mulai dari dokter, perawat, ahli gizi, hingga ahli lingkungan. Pengiriman itu termasuk ke daerah kepulauan di Madura yang sulit dijangkau secara geografis.

”Kami siapkan dananya, kami juga akan gandeng kampus-kampus. Intinya, warga di pelosok kampung harus mendapat pelayanan kesehatan setara dengan warga di kota,” kata dia.

3. Program kesehatan disambut antusias oleh warga

Peringati Bulan Bung Karno, Puti Perkenalkan Program Jatim SehatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Salah seorang warga peserta bakti sosial, Paining mengaku sangat mendukung program kesehatan Gus Ipul-Puti tersebut.

"Senang, soalnya saya belum punya BPJS dan itu membantu sekali karena biaya kesehatan itu kan mahal," ujar dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya