Puluhan Dievakuasi dari Gili Trawangan, Masih Ada 42 Turis Bertahan

Mereka mempertahankan toko dan butik

Lombok Utara, IDN Times - Badan SAR Nasional (Basarnas) terus menyisir wisatawan asing yang masih bertahan di beberapa Gili di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebelumnya, Basarnas sudah mengevakuasi lebih dari 8.400 turis. Ternyata, setelah disisir, ada beberapa turis yang masih bertahan di Gili Trawangan. Hal tersebut diakui oleh Direktur Operasional Basarnas Pusat, Bambang Soelistyo kepada IDN Times, Kamis (8/8).

1. Hari ini mengevakuasi 60 turis

Puluhan Dievakuasi dari Gili Trawangan, Masih Ada 42 Turis BertahanBNPB

Bambang me mengatakan bahwa hari ini Basarnas sudah mengevakuasi 60 turis dari Gili Trawangan. Proses berjalan lancar setelah Basarnas menggandeng Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ya g membujuk para turis agar mau keluar dari sana. "Iya ada 60 (turis), itu kemarin yang belum mau dievakuasi. Kami bersama Kemenlu, merek bisa membujuk dan sudah dievakuasi sekarang menuju ke Benoa," ujarnya.

Baca Juga: Evakuasi Turis di Gili Trawangan Tak Tuntas, Kepala BNPB Kecewa

2. Masih ada 42 turis yang bertahan di sana

Puluhan Dievakuasi dari Gili Trawangan, Masih Ada 42 Turis BertahanBNPB

Bambang menambahkan, para turis ini belum sepenuhnya dievakuasi. Pasalnya hingga saat ini masih ada sebanyak 42 turis yang bertahan. "42 itu warga negara asing tidak mau dievakuasi. Alasannya ada toko, ada butik di sana. Dia tidak mau meninggalkan itu semua. Kita akan koordinasi juga dengan Polri untuk membujuknya," kata purnawirawan tinggi TNI-AU ini.

3. Polri siap lakukan penjagaan saat pulau-pulau di Gili sepi

Puluhan Dievakuasi dari Gili Trawangan, Masih Ada 42 Turis BertahanIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan kalau pihaknya segera mengirim ratusan personel ke Gili Trawangan. Pihaknya akan melakukan pengamanan penuh di sana agar tidak ada maling maupun tindak penjarahan saat pemilik toko dan butik dievakuasi. "Kami akan kirimkan personel untuk semua wilayah melakukan penjagaan dan pengamanan agar tidak ada kekhawatiran dari pemilik toko, rumah dan sebagainya saat dilakukan evakuasi," pungkas pria dengan empat bintang emas ini.

Baca Juga: Ribuan Turis di Gili Berhasil Dievakuasi dari Lokasi Gempa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya