Qori Asal Bahrain Ini Bagi Tips Hafal Quran Buat Millennials

Ia mulai menghafal Quran sejak usia 8 tahun

Surabaya, IDN Times - Banyak cara yang dilakukan muslim saat bulan Ramadan. Salah satu hal yang positif yakni dengan menghafal kitab suci Al Quran.

Namun, biasanya para millennial sedikit resah jika harus menghafal 30 juz sekaligus. Nah, kali ini Qori internasional asal Bahrain, Syekh Muhammad Thoha Al-Junaid mau membagikan tips menghafal Al Quran berdasarkan pengalamannya.

1. Kunci paling utama ialah niat

Qori Asal Bahrain Ini Bagi Tips Hafal Quran Buat MillennialsIDN Times/Ardiansyah Fajar

Muhammad mengatakan, kunci pertama yang harus dimiliki para penghafal Al Quran adalah niat. Artinya, siapa pun yang ingin menghafal Al Quran harus membulatkan niat untuk serius menekuni hafalannya. "Pasti yang pertama tentang niat. Semua yang menghafal harus dibulatkan niatnya untuk bisa menghafal seluruh isi Alquran," kata dia.

2. Memperbanyak intensitas membaca

Qori Asal Bahrain Ini Bagi Tips Hafal Quran Buat Millennials

Muhammad menambahkan, kunci lain yang penting dimiliki para penghafal Al Quran adalah harus memperbanyak intensitas membaca dan mengulang kembali bacaan yang telah lewat (murajaah). Bahkan, dia mengaku mempunyai jadwal khusus dengan sang ayah untuk murajaah. "Itu harus terus, tidak boleh berhenti. Itu berlaku untuk penghafal Al Quran di manapun," katanya.

3. Muhammad mulai menghafal saat usia 8 tahun

Qori Asal Bahrain Ini Bagi Tips Hafal Quran Buat MillennialsIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, pria berjuluk 'The Voice of Heaven' ini menceritakan sedikit tentangnya kenapa bisa menghafal Al Quran. Ia mengaku banyak termotivasi oleh orangtuanya.

Sementara itu, ia memulai hafalan ketika berusia 8 tahun dan selesai saat menginjak usia 13 tahun. "Jadi total waktu menghafal selama 5 tahun. Awal-awalnya saya menghafalkan di Bahrain di Markas Tahfid lalu kemudian di daurah-daurah di Makah," pungkasnya.

 

Baca juga: Kisah Perjuangan Para Tunanetra Membumikan Alquran Braille

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya