Risma Jalin Tiga Kerjasama Ini dengan Singapura

Gak cuma bawa pulang penghargaan, lho

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menghadiri acara World Cities Summit (WCS) 2018 di Singapura pada 7-9 Juli 2018. Dalam acara itu, dia menjadi pembicara sekaligus menerima penghargaan Lee Kuan Yew World City Prize kategori Special Mention. Di sela-sela waktu luangnya mengikuti acara itu, dia memanfaatkan waktu untuk menjalin kerjasama dengan Singapura.

Rencana kerjasama itu terlihat dalam pertemuan Risma dengan Menteri Luar Negeri Mohammad Maliki bersama Menteri Pertahanan dan Walikota Singapura menjelang penyerahan Lee Kuan Yew World City Prize hari ini. Bahkan, sebelumnya Wali Kota Risma sudah melakukan pertemuan dengan Menteri Pembangunan Nasional dan Sumber Daya Manusia Singapura Zaqy Mohamad, Minggu (8/7) kemarin.

1. Dinilai punya destinasi menarik, Surabaya-Singapura kerjasama bidang pariwisata

Risma Jalin Tiga Kerjasama Ini dengan SingapuraDok IDN Times/Istimewa

Pada saat pertemuan santai dan tertutup itu, Maliki menawarkan beberapa kerjasama dengan Surabaya, mulai bidang pariwisata, investasi dan pertukaran pegawai hingga pertukaran pelajar. Di bidang pariwisata, berusaha meningkatkan pelayaran dari Singapura ke Surabaya. Sebab, ia menilai Kota Surabaya merupakan salah satu destinasi menarik.

Bahkan, ia berharap ada penumpang baru serta dapat bekerjasama dalam bidang pelabuhan dan logistik. "Surabaya bisa menjadi pasar Indonesia timur. Dan Singapura bisa dijadikan oleh Surabaya untuk memasarkan ke kota dunia lainnya," ungkap Maliki pada Risma.

2. Kerjasama kedua yakni bidang properti agar pebisnis Singapura mau berinvestasi di Surabaya

Risma Jalin Tiga Kerjasama Ini dengan SingapuraDok IDN Times/Istimewa

Kerjasama kedua yang ditawarkan yakni investasi bidang properti. Maliki berjanji akan membawa pebisnis Singapura untuk berinvestasi langsung di Kota Surabaya. "Saya melihat perkembangan Surabaya sangat tepat untuk investor Singapura, terutama bidang property, karena perkembangannya sangat pesat dan kami juga menawarkan tukar pegawai dan saling tukar pelajar. Karena tantangan yang dihadapi Singapura dan Surabaya ke depannya sama," ujarnya.

3. Kerjasama pertukaran pelajar, Singapura akan undang Risma kunjungi fasilitas khusus

Risma Jalin Tiga Kerjasama Ini dengan SingapuraDok IDN Times/Istimewa

Ia juga menawarkan kerjasama pertukaran antar mahasiswa dan tidak menutup kemungkinan kerjasama antar universitas kedua kota. Oleh karena itu, demi memantapkan kerjasama antara Singapura dan Surabaya, Maliki berencana akan mengundang khusus Risma dalam waktu dekat untuk melihat sektor yang bisa dikerjasamakan.

"Kami akan undang khusus Ibu Risma untuk mengunjungi fasilitas khusus dan tempat yang bisa dikerjasamakan, sehingga Ibu Risma bisa memilih tempat dan sektor mana saja yang bisa dikunjungi untuk dikerjasamakan," kata Maliki.

4. Risma sebut kerjasama dengan Singapura menguntungkan kedua belah pihak

Risma Jalin Tiga Kerjasama Ini dengan SingapuraDok IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Risma mengapresiasi rencana kerjasama yang ditawarkan oleh Singapura kepada Kota Surabaya. Walikota perempuan pertama Surabaya ini juga mengaku akan menyiapkan sesuatunya yang dibutuhkan dalam kerjasama ini. "Kami sangat berterimakasih atas rencana kerjasama ini, kami akan siapkan seluruhnya untuk menyambut kerjasama yang sama-sama menguntungkan bagi Surabaya dan Singapura," pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya