Comscore Tracker

Satgas Bencana Lombok Pastikan Tiga Gili Sudah Aman

Isu penjarahan, pencurian dan pemerkosaan masih santer.

Lombok Utara, IDN Times - Satuan Tugas Bencana Lombok memastikan bahwa tiga Gili di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah steril. Ketiganya kini dijaga ketat oleh puluhan pleton dari jajaran kepolisian di masing-masing gili.

Polisi dan TNI juga melakukan penjagaan di seluruh kawasan NTB yang terdampak gempa, sebab masih banyak isu beredar kriminalitas berupa pencurian, penjarahan hingga pemerkosaan masih santer.

1. Tempatkan 100 personsel jaga di tiga Gili

Satgas Bencana Lombok Pastikan Tiga Gili Sudah AmanIDN Times/Ardiansyah Fajar

Wakaposko Tanggap Darurat, AKBP Abdul Azas mengatakan bahwa kondisi tiga gili sudah aman. Dia menyebut ada total 100 personel yang berjaga di sana.

Para personel dibagi menjadi tiga pleton. Yakni 30 personel di Gili Meno, 40 personel Gili Trawangan dan 30 personel di Gili Air.

"Sekarang kalau mau ke sana tidak bisa, karena ada check point. Ada pos-posnya," kata Azas.

2. Ratusan Brimob siaga di seluruh daerah terdampak gempa Lombok

Satgas Bencana Lombok Pastikan Tiga Gili Sudah AmanANTARA FOTO/Zabur Karuru

Azas menambahkan, untuk tiap kecamatan di Lombok saat ini minimal dijaga oleh dua anggota Brimob. Penyebaran ini merupakan upaya menepis isu miring terhadap pencurian dilakukan menggunakan truk.

"Tiap kecamatan ada personelnya, belum Polseknya, ada poskonya juga di situ. Kami dapat bantuan Brimob dari Mabes 200 personel, Jatim 200 personel, Jateng 100 personel dan organik NTB 364 personel," jelasnya.

Baca Juga: AHY Didaulat Jadi Jurkamnas Prabowo-Sandiaga?

3. Polda NTB antisipasi pencurian dan pendampingan pengiriman logistik

Satgas Bencana Lombok Pastikan Tiga Gili Sudah AmanANTARA FOTO/Zabur Karuru

Azas mengakui, memang ada penangkapan terhadap pelaku pencurian motor (curanmor) oleh salah satu Polres di Lombok. Tetapi, dia menegaskan tidak ada pencurian masif hingga saat ini.

Dia mengimbau, apabila masyarakat merasa tidak nyaman, ada tenda posko polisi, jadi silakan datang langsung melapor.

"Memang, antisipasi kami pencurian di rumah penduduk dan gangguan pengiriman logistik. Makanya sekarang setiap pengiriman logistik didampingi Dirlantas atau Sabhara," kata dia.

Baca Juga: Presiden PKS: Sandiaga Santri Millennials

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You