Sebanyak 1670 Bacaleg Berebut 120 Kursi DPRD Jatim

KPU akan umumkan caleg lolos verifikasi pada awal Agustus

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menyatakan semua partai politik peserta pemilu 2019 telah mendaftarkan bakal calon anggota legislatifnya (Bacaleg) ke kantor KPU Jatim pada hari terakhir pendaftaran, Selasa (17/7). KPU harus bekerja ekstra untuk memverifikasi dengan cekatan seluruh berkas masuk, tak lupa mereka harus teliti apakah bacaleg yang didaftarkan memang sesuai syarat.

Dari data yang dihimpun oleh KPU Jawa Timur, jumlah bacaleg yang mendaftar mencapai 1670 orang. Mereka akan memperebutkan 120 kursi parlemen pada Pileg 2019 mendatang. Jumlah kursi ini sendiri bertambah daripada periode sebelumnya yang hanya 100 jatah kursi.

1. Pemeriksaan awal selesai pukul 05.30 WIB, Rabu (18/7)

Sebanyak 1670 Bacaleg Berebut 120 Kursi DPRD JatimANTARA FOTO/Indrayadi TH

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengatakan, sampai hari terakhir pendaftaran pada Selasa (17/7) malam, semua Parpol sudah menyerahkan data awal. Pemeriksaan berkas awal baru selesai pada pukul 05.30 WIB. "Tadi yang terakhir sampai selesai penyerahan data awal Partai Bulan Bintang. Ada calon yang berasal dari anggota DPRD aktif. Selanjutnya kami akan memverifikasi kelengkapan berkas Bacaleg," ujarnya, Rabu (18/7).

2. Pakta integritas sebagai penjamin bacaleg yang didaftarkan oleh parpol

Sebanyak 1670 Bacaleg Berebut 120 Kursi DPRD JatimIDN Times/Sukma Shakti

Terkait kemungkinan ada Bacaleg yang pernah menjadi narapidana korupsi, pelaku kekerasan seksual terhadap anak, atau bandar narkoba, Ketua KPU mengaku belum mengetahuinya. Menurutnya, Parpol dapat berperan aktif dengan tidak mencalonkan orang dengan tiga kategori tersebut.

"KPU sudah menyediakan formulir pernyataan atau pakta integritas yang ditandatangai Parpol, yang menjelaskan komitmen Parpol untuk tidak mendaftarkan orang yang pernah menjadi narapidana korupsi, pelaku kekerasan seksual terhadap anak, atau bandar narkoba," kata Eko.

3. KPU akan umumkan Bacaleg pada awal Agustus

Sebanyak 1670 Bacaleg Berebut 120 Kursi DPRD JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Setiap Parpol dapat mendaftarkan maksimal 120 Bacaleg, sesuai jumlah kursi DPRD Jawa Timur. Namun, banyak Parpol yang hanya mendaftarkan belasan Bacaleg. Selanjutnya, KPU akan mengumumkan daftar sementara Bacaleg pada awal Agustus 2018. Masyarakat bisa memberikan masukan atau tanggapan. "Setelah kami verifikasi dan terbukti, kami akan segera mengambil tindakan," tandas Eko.

Parpol yang mendaftar Baceleg ke KPU Jatim, Senin (16/7) partai Nasdem. Pada hari terakhir selasa, (17/7) yaitu Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Golongan Karya (Golkar),Partai Keadilan Sejahtera (PKS).Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bekarya, Partai Garuda, Partai PSI, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai PBB.

4. Keterwakilan perempuan mencapai 40,12 persen

Sebanyak 1670 Bacaleg Berebut 120 Kursi DPRD JatimKPU Jatim

Berdasarkan data KPU Jawa Timur, jumlah bacaleg perempuan mencapai 670 orang atau 40,12 persen dari pendaftar. Partai yang paling banyak mendaftarkan bacaleg perempuannya adalah Demokrat dengan jumlah 53 orang.

Baca juga: Taufik Hidayat, Ricky Subagja Masuk Daftar Caleg Partai Demokrat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya