Soal Virus Corona, Jokowi: Pengawasan di Semua Bandara

"Yang terpenting hati-hati," kat Jokowi

Surabaya, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo memgimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona. Salah satu langkah yang pemerintah yakni melakukan pengawasan di bandara se-Indonesia.

"Pengawasan saya kira di semua bandara kita, terutama yang berhubungan dengan penerbangan dari dan ke Tiongkok," ujar Jokowi usai gelar rapat terbatas di PT PAL Indonesia, Senin (27/1).

1. Virus corona bisa tidak terdeteksi thermal scanner

Soal Virus Corona, Jokowi: Pengawasan di Semua BandaraTim medis dari RSUD Raden Mattaher Jambi saat melakukan observasi terhadap WNA yang diduga terdampat virus Corona/IDN Times/istimewa

Orang nomor satu di Indonesia ini mengakui virus corona menjadi momok yang belum bisa diatasi. Bahkan, thermal scanner pun terkadang tidak bisa mendeteksi ketika virus tersebut masih dalam masa inkubasi.

"Ini bukan sesuatu yang mudah, karena pada masa inkubasi itu panas kadang-kadang tidak bisa terdeteksi dengan scanner yang kita miliki. Semua negara juga mengalami masalah yang sama," beber Jokowi.

2. Yang terpenting hati-hati lakukan pencegahan

Soal Virus Corona, Jokowi: Pengawasan di Semua BandaraPresiden Jokowi menunjau proyek kapal selam di PT PAL Indonesia, Surabaya, Senin (27/1). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Untuk mengatasi hal tersebut, Jokowi hanya mewanti-wanti agar masyarakat selalu berhati-hati. Adapun cara pencegahannya yakni sering cuci tangan pakai sabun, gunakan masker apabila batuk dan pilek, konsumsi gizi seimbang, hati-hati kontak dengan hewan serta olahraga dan istirahat yang cukup.

"Yang terpenting hati-hati," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

3. Kenali gejala virus corona

Soal Virus Corona, Jokowi: Pengawasan di Semua BandaraIDN Times

Tak lupa, Jokowi juga mengingatkan terhadap gejala virus corona. Beberapa diantaranya yaitu demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu. "Waspada terhadap gejala-gejala yang ada," ucap mantan Wali Kota Solo ini.

4. Sudah siapkan 100 rumah sakit rujukan

Soal Virus Corona, Jokowi: Pengawasan di Semua BandaraWNA yang diduga terdampat virus Corona lagi di observasi pihak RSUD Raden Mattaher Jambi/IDN Times/istimewa

Selain itu, Jokowi juga telah menyiapkan 100 rumah sakit rujukan dengan fasilitas ruang isolasi terhadap pasien dengan gejala penyakit paru-paru dan saluran pernapasan. "Seperti di RSPI Sulianti Saroso di Jakarta dan rumah sakit lain di Jakarta dan berbagai daerah," tulis Jokowi di akun Instagramnya @jokowi.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya