Comscore Tracker

Solid Dukung AHY, Demokrat Surabaya: KLB Deli Serdang Tidak Sah!

Moeldoko dianggap bukan anggota Partai Demokrat

Surabaya, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Surabaya mengklaim tidak ada gejolak di tubuh Demokrat, menyusul terpilihnya Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Surabaya Junaedi memastikan, semua kader di Kota Pahlawan setia dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca Juga: [FOTO] Kilas Balik Kedekatan SBY-Moeldoko, Sebelum Kudeta Demokrat

1. Demokrat Surabaya hanya mengakui AHY sebagai ketua umum Partai Demokrat yang sah

Solid Dukung AHY, Demokrat Surabaya: KLB Deli Serdang Tidak Sah!Ketum Partai Demokrat AHY bersama dengan jajaran Partai Demokrat lainnya berjalan bersama memasuki Kantor Fraksi Partai Demokrat (FDP) pada Kamis, 6 Agustus 2020 (Instagram.com/agusyudhoyono)

Junaedi menegaskan KLB yang digelar di Deli Serdang, Sumatra Utara itu tidak sah. DPC Partai Demokrat Surabaya masih menganggap ketua umum yang sah adalah AHY. Berdasarkan hasil Kongres V 2020, sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai.

"Saya pastikan sampai detik ini DPC Partai Demokrat Surabaya setia, solid terhadap kepemimpinan Ketum AHY," ujarnya saat ditelepon, Surabaya, Jawa Timur, Senin (8/3/2021).

2. Gerakan solidaritas untuk AHY sedang dikonsolidasikan

Solid Dukung AHY, Demokrat Surabaya: KLB Deli Serdang Tidak Sah!Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan keterangan kepada wartawan usai rapat dengan Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, Jakarta, Minggu (7/3/2021). Dari hasil rapat tersebut seluruh Ketua DPD Demokrat di 34 Provinsi menolak KLB yang berlangsung di Deli Serdang, Sumatera Utara dan tetap mendukung AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Terkait gerakan solidaritas, Junaedi belum dapat memastikan. Yang jelas pihaknya akan melakukan konsolidasi internal terlebih dahulu. Prinsipnya, dukungan maupun gerakan untuk AHY akan dilaporkan ke DPP Partai Demokrat.

"Yang jelas, sekarang DPC, PAC, ranting dan mesin partai yang ada di Demokrat Kota Surabaya masih terjaga dan solid dengan Ketum AHY," kata mantan Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya ini.

3. Sebanyak 514 DPC juga setia ke AHY

Solid Dukung AHY, Demokrat Surabaya: KLB Deli Serdang Tidak Sah!Ketum PD Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan KSP Moeldoko (kanan) (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat/Aditya Pradana Putra)

Tak hanya Demokrat Kota Surabaya, Junaedi juga membeberkan sebanyak 514 DPC dan 34 DPD Demokrat se-Indonesia masih setia dengan AHY. Semua mengakui ketua umum Demokrat adalah putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Sedangkan Moeldoko selaku KSP bukan kader partai, tidak punya KTA (Kartu Tanda Anggota), belum berjuang di darah Partai Demokrat. Ini anggapan saya, KLB Deli Serdang tidak sah," tandasnya.

Baca Juga: Mahfud MD Ungkap 2 Dasar Penilaian KLB Demokrat Sumut

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya