Ternyata, Soekarwo adalah Orang yang Meminta Gus Ipul Mencalonkan Diri

Padahal Soekarwo saat ini menjadi pendukung Khofifah.

Surabaya, IDN Times - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ternyata menyimpan cerita tersendiri di balik majunya ke panggung kontestasi Pilkada Jatim 2018. Wakil Sekjen PDIP, Ahmad Basarah, mengungkapkan ada sosok yang membuat PDIP  mendukung penuh Gus Ipul-Puti.

1. Ahmad Basarah katakan Pakde Karwo yang inginkan Gus Ipul maju

Ternyata, Soekarwo adalah Orang yang Meminta Gus Ipul Mencalonkan DiriIDN Times/Ardiansyah Fajar

Basarah mengatakan, jauh sebelum proses Pilgub berjalan, Gubernur Jatim, Seokarwo pernah menyampaikan kepadanya tentang pentingnya kesinambungan pembangunan daerah Jawa Timur. Bentuk dari kesinambungan yang dimaksud adalah keberlanjutan pembangunan yang dijalanlan Soekarwo selama 10 tahun ini.

"Maka penting mempertimbangkan wakil gubernurnya yaitu Gus Ipul pada waktu itu melanjutkan untuk menjadi Cagub. Agar konsep pembangunan jatim yang sudah disusun dilaksanakan dimonitoring oleh Pakde Karwo ini dapat berkelanjutan," ujarnya di dalam acara pertemuan alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia di Ibis Hotel Surabaya, Senin (23/4).

2. Awal 2017 Basarah diminta agar Gus Ipul bisa diusung PDIP

Ternyata, Soekarwo adalah Orang yang Meminta Gus Ipul Mencalonkan DiriIDN Times/Ardiansyah Fajar

Basarah mengungkapkan, sebagai sesama alumni GMNI, dia mengaku bertanggungjawab memenuhi pesan Soekarwo tersebut. Ia pun memperjuangkan agar Gus Ipul dapat diusung oleh partainya, yakni PDIP.

"Awal 2017-an meminta kepada saya untuk PDI Perjuangan dapat memberikan kesempatan Gus Ipul sebagai calon gubernurnya. Karena saya menganggap gagasan Pakde itu benar maka saya berjuang untuk memenuhi Pakde Kqrwo minta kepada saya memperjuangkan Gus Ipul sebagai calon gubernur," jelasnya.

Hal ini tentu cukup unik. Sebab, saat ini Soekarwo merupakan pendukung Khofifah, rival Gus Ipul dalam Pilkada Jatim 2018.

3. Gus Ipul ungkapkan 10 tahun terakhir berguru ke Pakde Karwo

Ternyata, Soekarwo adalah Orang yang Meminta Gus Ipul Mencalonkan DiriIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Gus Ipul yang hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi dan menjadikannya sebagai kehormatan karena telah didukung oleh anak-anak muda yang memiliki intelektual tinggi.

"Ini adalah tambahan amunisi dan saya bersama Mbak Puti sangat bangga. Terima kasih atas dukungannya dan ini menjadi semangat bagi kami untuk maju," kata Wagub Jatim yang sedang izin cuti tersebut.

Gus Ipul menjelaskan, selama 10 tahun mendampingi Pakde Karwo, banyak catatan yang kini telah dia rumuskan untuk program ke depan. Catatan Gus Ipul inipun telah disusun dalam sebuah buku berjudul 'Perubahan Berkelanjutan'. Selain itu, catatan inilah yang menjadi landasan untuk penyusunan visi dan misi.

"Buku itu kita matangkan bersama Mbak Puti dan menjadikan visi misi kami berdua. Saya bangga mendampingi Pakde Karwo yang merupakan senior dan mantan Ketua Umum PA GMNI," ujarnya.

Baca juga: Bertemu Gonzales, Gus Ipul Ingin Jadikan Jatim Barometer Sepak Bola ASEAN

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya