TGB Targetkan Semua Daerah Terjangkau Bantuan Hari Ini

Masih ada 3 kecamatan yang tak bisa ditembus

Lombok Utara, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang Zainul Majdi memastikan akan secepatnya menangani bencana gempa di Lombok. Hal itu dia sampaikan saat melakukan rapat koordinasi bersama Panglima TNI Markesal Hadi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Rabu (8/8). Pria yang akrab disapa TGB ini juga menarget reruntuhan puing-puing bangunan segera dibersihkan.

1. Hari ini target bisa menjangkau semua wilayah terdampak gempa

TGB Targetkan Semua Daerah Terjangkau Bantuan Hari IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

TGB menyampaikan pihaknya bersama pemerintah pusat, TNI, Polri, BNPB dan Basarnas menargetkan menjangkau daerah yang belum terjangkau hari ini. Maka dari itu, setelah rakor dia langsung meninjau langsung baik di Lombok Utara, Timur dan Barat. "Ditarget hari ini tuntas menjangkau (seluruh daerah dan korban bencana," ujarnya, Kamis (8/8).

Baca Juga: PBB dan Pemimpin Dunia Ikut Berduka untuk Korban Gempa Lombok

2. TGB targetkan pekan depan sudah pra rekontruksi dan pra rehabilitasi

TGB Targetkan Semua Daerah Terjangkau Bantuan Hari IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, untuk pekan depan, TGB menargetkan bisa melakukan proses pra rekontruksi dan pra rehabilitasi. Langkah yang dilakukannya saat ini proses menangani pengungsi. "Senin pra rekontruksi dan rehabilitas dengan membersihkan puing-puing semua," katanya.

3. TGB sebut ada tiga kecamatan yang terkendala medan

TGB Targetkan Semua Daerah Terjangkau Bantuan Hari IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

TGB menambahkan, untuk saat ini masih ada tiga kecamatan belum tuntas. Kecamatan ini berada di Lombok Utara. Dia mengungkapkan kendala utama yakni medannya yang sulit. "Di sana pusat sentrum gempa. Kalau kecamatan lain mulai membaik. Kalau kebutuhan, mereka butuh tenda, selimut, logisti dan sarana MCK karena banyak yang diare," pungkasnya.

Baca Juga: BNPB: Kerugian Akibat Gempa Lombok Mencapai Rp 1 Triliun

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya